Yogyakarta. Siswa kelas 5 SD JUARA tengah sibuk untuk mempersiapkan segala keperluan dan perlengkapan yang akan digunakan untuk  melakukan simulasi Pemungutan Suara Ketua RW(22/1/20). Pada hari sebelumnya telah disepakati bahwa seluruh siswa kelas 5 mempunyai peran masing-masing. Ada yang berperan sebagai calon Ketua RW, petugas keamanan, ketua panitia pemungutan suara dan lain sebagainya.

Sebelum simulasi dimulai, Pak Bangun selaku wali kelas memberikan pengantar  tata cara pemungutan suara, mulai dari kedatangan, mendaftarkan diri ke panitia, kemudian melakukan pencoblosan dan penghitungan suara.  Setelah semuanya  siap dan panitia sudah menempatkan diri, akhirnya proses pemungutan suara dimulai. Terlihat anak-anak antusias dan sangat memperhatikan arahan yang diberikan oleh panitia pemungutan suara. Para siswa melakukan simulasi ini dengan baik.  Ketika ada salah satu pemilih yang ingin melihat pemilih lain mencoblos, mas Risky yang bertugas sebagai keamanan mengatakan ” Tolong mas kembali ketempatnya yaa, enggak boleh lihat pilhan orang lain”. Kemudian pemilih tersebut kembali ketempatnya.

Tidak terasa seluruh pemilih dan panitia yang juga siswa kelas 5 ini selesai melakukan pemungutan suara, dan dimulailah proses penghitungan suara. Tampak petugas memulai membuka kotak suara kemudian melakukan penghitungan surat suara yang sudah dicoblos. Hasil dari pemilihan terhitung total ada 18 surat suara pemilih, 2 orang pemilih tidak datang karena sakit, dengan rincian hasil porelahan suara mas Nashir 5 orang dan mbak Afifah 12 orang sedangkan suara tidak sah ada 1 orang.
Karena mbak Afifah memiliki perolehan suara paling banyak maka mbk afifah dinobatkan sebagai pemenang dan menjadi Ketua RW. “Bahagia sekali bisa melakukan pemungutan suara, walaupun ribet tapi ternyata menyenangkan”ujar Marsya salah satu siswa kelas 5.
Bapak Bangun berharap dengan adanya simulasi ini siswa memahami tatacara pemungutan suara sejak dini, dan diharapkan kelak menjadi generasi bangsa yang dapat diandalkan, jujur dan bertanggung jawab dengan segala tugas dan amanah yang diberikan.

Kontributor :  Bangun Setyo Nugroho, S.Pd
#IJF #SDJuarajogja #Januari #Yogyakarta