Yogyakarta. Siswa kelas 5 SD Juara Yogyakarta belajar membuat media pembelajaran Wayang Ekosistem(14/2/20). Pembelajaran kali ini merupakan kelanjutan dari pembelajaran sebelumnya, dimana siswa diminta untuk mencari dan mempelajari apa itu ekosistem.

Semua siswa telah membawa peralatan dan bahan dari rumah yang akan digunakan untuk membuat wayang ekosistem. Mereka membawa kertas kardus, lem kertas, doubel tip, gunting dan tusuk gigi. Siswa sangat antusias sekali saat membuat media tersebut karena dibuat secara berkelompok. Setiap kelompok berusaha untuk saling bekerjasama dan saling membantu menyelesaikan media ini.

Tiga puluh menit pun berlalu, tampak beberapa wayang hampir jadi. “Wah pak…wayang ekosistemku sudah mau jadi nih, tapi masih kurang, aku warnain lagi ya pak?” tutur Fahri bersemangat. ” Aku pinjam double tape ya…” pinta Nashir kepada temannya. Kemudian temannya pun segera memberikan double tape kepada Nashir. Sungguh sebuah usaha dan perjuangan serta rasa saling tolong menolong nampak terlihat di setiap kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas ini secara bersama sama.

Ketika semua media Wayang Ekosistem telah selesai maka setiap kelompok satu persatu mempresentasikan hasil wayang buatan kelompok mereka. Dengan media wayang ekosistem ini, diharapkan para siswa dapat memahami ekosistem itu dengan lebih baik dan menyenangkan. Selain sebagai media pembelajaran, media wayang eksositem ini juga bisa dipakai sebagai hiasan permainan wayang.

Kontributor : Bangun Setyo Nugroho
#IJF #SDJuarajogja #Februari #Yogyakarta