Yogyakarta,Sabtu 2 Mei 2019 seluruh siswa serta guru SD Juara berkumpul dilapangan sekolah untuk mengikuti tarhib Ramadhan, dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H. Tak lupa pula Karyawan Rumah Zakat cabang Yogya serta beberapa orang tua siswa mengikuti kegiatan ini.
Setelah di buka bersama – sama dengan membaca basmalah oleh salah satu guru, peserta pun mulai bergerak turun ke tangga dan mengatur barisan di lahan parkiran sekolahan, dan kemudian bergerak berjalan sesuai dengan arahan bapak/ibu guru-guru. Rute yang diambil pada tarhib Ramadhan kali ini adalah jalan raya yang mengelilingi sekolahan berjarak kurang lebih hampir 2 KM.
Disepanjang Perjalanan, beberapa peserta memegang spanduk panjang bertuliskan program-program Rumah Zakat dan berhenti di perempatan lampu merah apotik waringin. Diperempatan ini, siswa berkumpul membentangkan sepanduk Rumah Zakat, dan membagikan jadwal imsyakiyah,leaflet serta brosur Program Ramadhan Rumah Zakat ke pengendara yang berhenti di lampu merah. Iringan musik perkusi dan lagu ramadhan serta orasi yang dibacakan oleh salah satu siswa pun ikut menyemarakkan tarhib ramadhan ini. Sesampainya disekolah, para peserta pun melepas dahaga dan lapar dengan meminum air teh dan jeruk serta menikmati jajanan pasar yang telah mereka bawa dari rumah. Beberapa jajanan pasar mereka tukar dengan sesama teman kelasnya,untuk merasakan jajanan pasar yang dibawa oleh teman lainnya.
” Alhamdulillah, kegiatan pawai ini berjalan dengan lancar, kami berharap dengan acara ini mampu meningkatkan semangat beribadah di Bulan Suci Ramadhan, Meski puasa bagi siswa SD yang belum baligh bukanlah wajib namun pembiasaan positif perlu dipupuk dan dilatih sejak dini agar kebiasaan baik ini dapat dilakukan hingga kelak mereka dewasa. ” tutur Bu Lilik, Kepala Sekolah SD Juara Yogyakarta.

Kontributor : lilisdewi

#IJF #Yogyakarta #Mei #Sdjuarajogja