Matematika bagi sebagian anak adalah pelajaran yang tidak menyenangkan sehingga perlu strategi khusus agar pembelajan menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Pagi ini Rabu,20 november 2019 dihalaman sekolah SD Juara Yogyakarta tampak siswa kelas 1 sedang berkerumun bersama guru mereka bapak Ali Hafidh, M.Pd. Hari ini anak-anak akan belajar funmath diluar kelas.
Sebelumnya anak-anak di bagi secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 sampai 4 siswa. Setelah dibuat kelompok anak-anak diajak untuk belajar materi pengurangan. Setiap kelompok di bagi satu kertas yang berisi soal pengurangan. Anak-anak tidak boleh membuka dulu kertasnya sebelum semua kelompok mendapatkan soal.Setelah semua kelompok medapatkan soal, setiap kelompok mendiskusikan dan menemukan jawaban dari soal yang ada. Selesai menemukan jawaban anak-anak diminta mengumpulkan kertas berisi jawaban ditempat yang telah disediakan.
Anak-anak kemudian berkumpul lagi dan membahas soal bersama-sama. Di sesi ini akan diketahui mana kelompok yang jawabannya benar semua dan mana yang belum benar. Ternyata kelompok yang jawabannya benar semua adalah kelompok 1 putra.
“Saya senang permainan matematika ini pak ..karena bisa belajar sambil bermain” kata hakim salah satu anggota kelompok yang menang.
Alhamdulillah semoga dengan pembelajaran matematika yang menyenangkan dapat membuat anak mencintai dunia matematika.
Kontributor : Ali Hafidh, M.Pd
#IJF #SDJuarajogja #November #Yogyakarta