Yogyakarta, Siswa kelas enam SD Juara Yogyakarta tampak terlihat asyik membolak balik surat kabar harian Republika di ruang kelasnya sambil mencari-cari informasi yang ada di surat kabar tersebut(13/09/2019). Kegiatan yang mereka lakukan merupakan salah satu kegiatan literasi melalui media cetak. Para siswa sangat menyukai kegiatan ini, begitu banyak informasi berita yang mereka dapatkan dalam satu surat kabar.
Bu Khotim sebagai Wali kelas pun tak hanya sekedar memberi tugas kepada mereka untuk membaca saja, namun juga meminta untuk memilih satu berita yang mereka sukai, lalu meringkas isi berita tersebut dan mempresentasikan hasil ringkasan di depan kelas. Satu persatu siswa pun maju kedepan membacakan hasil ringkasan yang telah mereka kerjakan.
“Dengan adanya literasi media cetak ini agar anak dapat memahami sebuah berita dan juga menyimpulkan hal penting dalam berita tersebut serta mengambil hikmah dari apa yang dibaca,selain itu juga dapat memperbanyak kosa kata anak dan menumbuhkan minat baca anak,”. Ujar Bu Khotim wali kelas enam.
Kontributor: lilis dewi
#IJF #September #Yogyakarta #SDJuaraJogja