Yogyakarta,  Musim layang-layang kembali booming, banyak anak-anak yang memafaatkan moment bermain layang-layang untuk mengisi kebosanan mereka karena aturan yang mengajurkan mereka agar dirumah saja(10/20).

Tak terkecuali siswa kelas empat, menangkap peluang ini Bu Ranti wali kelas empat berinisiatif memberikan tantangan kepada siswa untuk membuat layang-layang. Kegiatan membuat layang-layang ini disesuaikan dengan tema pembelajaran kelas empat  tentang pemanfaatan energi alternatif.

Salah satu tujuan dari pembelajaran ini yaitu mampu mengidentifikasi dengan benar langkah-langkah pembuatan sebuah benda  melalui  gambar dan  teks petunjuk tertulis.

Adapun langkah-langkah pembuatan layang-layang  adalah dengan  meletakkan bambu secara menyilang, kemudian pada bagian tengah dan keempat ujung bambu diikat dengan benang. Lalu letakkan ikatan bambu di atas kertas koran, jiplak, tambahkan 2 cm untuk garis gunting.

Gunting kertas koran tepat di atas garis dan rekatkan kertas koran sampai menutupi bambu.  Tambahkan ekor pada bagian bawah layang-layang dengan menggunakan guntingan kertas dan buatlah lubang di tengah, yaitu dekat dengan penyilangan bambu. Masukkan benang dan ikat ke titik persilangan. Terakhir, Ikatkan ujung yang lain ke ujung bawah rangka.

Berbagai warna layang-layang pun telah siswa buat, ada warna merah, hitam, putih serta ada yang menggunakan koran bekas. “Aku senang layangan karena aku biasa bermain layang-layang”, Tutur Restu.

Kontributor by Suranti, S.Pd
#BDR
#Oktober
#IJF
#Yogyakarta