Yogyakarta. Selama pembelajaran dirumah masih berlangsung, peran orang tua sangat diperlukan untuk mendampingi anak dalam hal meneruskan arahan materi dan tugas dari bapak/ibu guru yang disampaikan digrup masing-masing kelas(13/8).

Khusus untuk hari ini, siswa kelas dua akan mendengarkan cerita dari orang tua dan mengerjakan tugas yang berkaitan dengan cerita tersebut serta membuat kolase.

Sebelum pembelajaran dimulai siswa mengikuti pembiasaan pagi terlebih dahulu, kemudian mengikuti matapelajaran visi sakti baru kemudian masuk ke pembelajaran tematik. Pada pembelajaran tematik kali ini siswa mendengarkan cerita yang dibacakan oleh orang tuanya tentang membuang sampah di tempat sampah. Dalam cerita menjelaskan tentang ajakan Badut kepada Udin untuk membuang sampah di got, akan tetapi udin tidak mau karena itu mengotori lingkungan dan air got menjadi tergenang dan bau. Kemudian badut meminta maaf kepada udin karena mengingatkan dirinya agar tidak membuang sampah sembarangan.

Setelah memahami cerita, siswa diminta membuat kalimat penolakan dalam kehidupan sehari-hari, dan diminta mengurutkan gambar sebuah cerita yang telah disediakan dilembar kerja. yang terakhir siswa membuat kolase serta menuliskan alat dan bahan yang digunakan ketika membuat kolase. Mereka tampak sangat senang dengan pembelajaran ini karena tak hanya membuat karya saja namun juga mendengarkan cerita dari orang tua mereka sendiri.
Kontributor: Ali Hafidh,S.Pd.I
#IJF #Yogyakarta #SDJuarajogja #Agustus #BDR