Yogyakarta. Riuh rendah suara siswa terdengar dari ruang kelas 6 SD Juara Yogyakarta(15/1/20). Hari ini mereka akan belajar matematika dengan materi simetri lipat dan simetri putar. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengetahui jumlah simetri putar dan simetri lipat dari berbagai bentuk benruk bangun datar. Meski bangun datar adalah materi yang mudah tetapi untuk materi simetri lipat dan putar jika tidak melalui praktek siswa akan merasa kesulitan. 

Untuk memudahkan pemahaman tentang simetri lipat dan putar siswa diminta menggambar bangun datar terlebih dahulu di buku kotak. Setelelah itu siswa membuat jiplakan dari bangun datar tersebut dengan kertas yg berbeda. Kertas tersebut digunting sesuai dengan bentuk bangun datar yang dijiplak.
Dengan penjelasan dari Ibu Khotim siswa diminta mengepaskan antara gambar dengan kertas untuk dapat diputar. Suatu bangun datar jika diputar pada pusat yang sama dapat menempati bingkainya lebih dari satu kali dalam satu putaran lengkap maka dikatakan bangun tersebut memiliki simetri putar. Sedangkan suatu bangun datar yang dilipat dan sisi-sisinya dapat berimpit dengan tepat dapat dikatakan bangun tersebut memiliki simetri lipat.
Diakhir pembelajraan Ibu khotim menunjukkan beberapa bangun datar dan siswa menebak jumlah simetri lipat dan simetri putar untuk melihat hasil dari pemahaman belajar siswa.
Pembelajaraan ini sangat menarik karena siswa sangat antusias mengikuti sampai akhir penmbelajaraan.
Kontributor : Siti Khotimatul Mahmudah
#IJF #SDJuarajogja #Januari #Yogyakarta