Yogyakarta, 18 Maret 2019 sudah empat hari ini siswa kelas enam SD Juara Yogyakarta mengikuti ujian praktik kelulusan di ruang kelas mereka. Adapun ujian praktik yang telah mereka ikuti yaitu ujian praktik bahasa indonesia di hari selasa, ujian praktik SBK di hari rabu, ujian praktik Penjas Orkes di hari kamis dan ujian praktik PAI di hari ini. Ujian praktik ini merupakan ujian rutin yang diadakan disetiap tahun kelulusan dan untuk tahun ini diikuti oleh 25 siswa kelas enam yang terdiri dari delapan siswa putra dan tujuh belas siswi putri.

Dalam ujian praktik bahasa indonesia seluruh siswa diminta untuk membuat puisi karya siswa sendiri dan membacakan puisi tersebut di depan penguji. Berbagai karya puisi pun telah dibuat dan kemudian dibacakan satu persatu oleh siswa. Dalam ujian SBK para siswa di uji untuk menyanyikan lagu kebangsaan dan lagu daerah, membuat pola batik dan mengambar. Sedangkan pada ujian praktik penjas orkes para siswa diminta untuk melakukan senam irama dan pada saaat ujian praktik PAI siswa dimnta untuk praktek berwudhu dan sholat disertai dengan bacaan doanya.

Selama ujian praktik kelulusan berlangsung, siswa tetap mengikuti pembiasaan pagi seperti biasanya sedangkan pada siang harinya siswa tetap mengikuti les tambahan yang diselengarakaan oleh sekolahan. Alhamdulilah, ujian praktik yang  berjalan empat hari ini berjalan dengan lancar dan siswapun nampak tenang mengikuti ujian praktik ini. “semoga nilai ujian praktikku bagus, walapun tadi deg-degan pas praktik sholat”. Ujar tasya salah satu siswa kelas enam yang mengikuti ujian praktik.

Kontributor : lilis dewi

#IJF #Maret  #Yogyakarta  #SDJuaraJogja