YOGYAKARTA. Sebanyak 25 siswa SD juara baru-baru ini telah selesai mengikuti TPM Silang yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan kota Yogyakarta(27/3/19). TPM Silang merupakan test pendalaman materi untuk siswa kelas 6 sebelum mengikuti ujian berstandar nasional. Dikatakan silang karena yang mengawasi jalannya test adalah bapak/ibu guru dari sekolah dasar lain yang ada di kota yogyakarta. TPM silang dilaksanakan serentak dikota yogyakarta selama tiga hari berturut-turut yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu.

Adapun untuk mata pelajaran yang diujikan diantaranya bahasa Indonesia, matematika dan ilmu pengetahuan alam. Selama kegiatan TPM Silang berlangsung proses pembelajaran siswa kelas 1-5 dialihkan ke luar kelas. Hal ini dilakukan agar tidak menggangu jalannya test pendalaman materi. TPM Silang dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 10.00 wib. Namun para siswa wajib hadir sebelum pukul 07.00 untuk melaksanakan sholat Dhuha serta mengikuti pengarahan dari wali kelas mereka.

Untuk TPM Silang kali ini bertempat di aula dan ruang kelas satu. Jika tahun lalu ruang satu berisi 10 siswa dan ruang dua berisi 15 siswa, maka untuk tahun ini ruang satu berisi 20 siswa dan ruang dua berisi 5 siswa serta dijaga oleh dua guru pengawas ruang ditiap ruangan. Sebelum siswa mulai mengerjakan soal-soal pilihan ganda dan esai para pengawas mengecek kelengkapan soal dan lembar jawaban soal. Baru kemudian pukul 07.30 wib siswa masuk keruangan dan berdoa serta mulai mengerjakan soal tepat pukul 08.00 wib. Suasana pun nampak tenang dan para pengawas terlihat berjalan berkeliling mengawasi para siswa yang tengah mengerjakan butir-butir soal TPM Silang. Semoga dengan adanya TPM Silang ini para siswa semakin siap menghadapi ujian berstandar nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 April mendatang.
Kontributor: Lilis Dewi
#IJF #Maret #Yogyakarta #Sdjuarajogja