Yogyakarta. Benteng Vredeburg merupakan salah satu peninggalan Belanda yang sangat terkenal di Yogyakarta. Museum ini menyimpan berbagai peninggalan senjata peninggalan Belanda. Tujuan didirikannya Benteng Vredeburg ini dahulu kala adalah untuk menjaga keamanan keraton dan sekitarnya(19/2/20).
Untuk memperdalam pengetahuan siswa tentang sejarah, siswa kelas 5 SD Juara Yogyakarta melakukan kunjungan ke Museum Benteng Vredeburg. Bapak Bangun Setyo Nugroho menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah menelusuri jejak perjuangan bangsa Indonesia. Dibawah bimbingan dari pihak benteng Vredeburg siswa dengan khidmat dan tekun mencatat berbagai peristiwa penting terkait sejarah perjuangan bangsa. ” Pak.. ternyata para pahlawan itu hebat ya, mereka mampu melawan penjajah dengan senjata apa adanya “ujar Fahri ketika melihat senjata tradisional.
Banyak keseruan yang didapatkan oleh siswa dalam penelusuran sejarah ini. Di sesi akhir agenda pembelajaran kali ini, siswa diminta melakukan wawancara dengan para pengunjung museum benteng Vredeburg. Hal ini untuk melatih kecerdasan lingusitik dan intrapersonal anak dan juga melatih rasa percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Setelah selesai wawancara, siswa melakukan sholat dzuhur dan juga melakukan evaluasi tentang kegiatan yang telah dilakukan. Alhamdulillah banyak hikmah dan pelajaran yang didapat oleh siswa dalam kunjungan ke Benteng Vredeburg.
#IJF #SDJuarajogja #Februari #Yogyakarta