Yogyakarta. Jam istirahat telah usai, Siswa kelas 4 mengikuti pembelajaran Pendidikan agama islam didalam masjid (12/2/20). Kali ini bapak Ginanjar sebagai guru PAI menampilkan sebuah video tentang sifat terpuji sebagai  media pembelajaran. Sebelum pembelajaran dimulai, siswa telah dibagi menjadi beberapa kelompok.

Video yang diputar adalah sebuah film pendek yang mengisahkan perjalanan hidup kakak beradik yang gigih dalam meraih cita-cita. Mereka hidup dalam kondisi serba kekurangan, setiap hari mereka harus bergantian memakai seragam untuk ke sekolah. Bahkan sampai memulung untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akan tetapi kakak beradik tersebut tidak pernah putus asa, sampai pada akhirnya kakek mereka meninggal dan hanya hidup berdua. Hingga suatu ketika mereka bertemu dengan ayah yang sudah lama mencari mereka dan pada akhirnya bisa meraih cita-cita mereka.

Berbagai ekspresi wajah siswa pun bermacam-macam, ada yang kagum, senang, bahkan ada yang terharu sampai menangis ketika melihat video tersebut. Setelah menonton video, setiap kelompok  diminta untuk menjawab pertanyaan  hikmah ataupun pelajaran yang dapat diambil dari perjalanan. Salah satu kelompok mengatakan bahwa kita harus senantiasa mensyukuri nikmat yang Allah berikan, bersabar dalam setiap proses belajar, serta pantang meyerah dan tidak putus asa dalam meraih cita-cita yang diimpikan.

Kontributor :  Ginanjar Ghoiru Mamnun
#IJF #SDJuarajogja #Februari #Yogyakarta