Menjaga stamina dan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi. Dengan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi mampu menjadi penunjang daya tahan tubuh. Meminum air putih yang banyak juga sangat baik bagi tubuh. Selain air putih ada banyak minuman yang dapat menunjang daya tahan tubuh.

Pada pembelajaran sesuai tema Indahnya Keanekaragaman di Negriku, kali ini Bu Ranti selaku wali kelas memberikan tugas kepada siswa untuk praktik memasak membuat minuman/wedang daerah sesuai suku yang ada di kelas 4. Setelah diawali diskusi kelompok maka disepakati suku Jawa dan Jogja yaitu mengambil menu Wedang Uwuh dan Bandrek dari Aceh yang dibuat menggunakan rempah rempah yang memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan Wedang Uwuh adalah
1. sereh
2. jahe seukuran jari orang dewasa
3. Kayu secang
4. Gula batu
5. Air kurang lebih 600 ml
Cara membuat :
1. jahe tidak sampai hancur
2. Rebuslah air 600ml pada panic hingga mendidih
3. Masukkanlah Geprekan jahe dan rempah lainya pada air yang mendidih
4. Tunggu selama 5 menit lalu matikan apinya
5. Hidangkan pada gelas
6. Selamat menikmati

Sedangkan bahan untuk membuat wedang Bandrek Aceh adalah salam, pandan, jahe, bunga lawang, merica, kapulaga, gula Jawa, cengkeh.

Cara membuatnya dengan mencuci semua bahan, rebus air hingga mendidih, serta memasukkan semua bahan rempah selama 5 menit. Hidangkan dalam cangkir, minuman siap dinikmati.

Alhamdulillah para siswa Juara terlihat menikmati proses pembuatan wedang uwuh dan bandrek ini. Dari testimony siswa mereka suka dengan minuman yang mereka buat sendiri dan beberapa anak ketagihan ingin membuat lagi.
Dan antusias ketika menyebutkan nama bahan, membau rempah-rempah serta mengerjakan LKPD.
Semoga dengan minuman yang sehat, stamina anak-anak selalu terjaga. Serta mereka memahami beraneka macam minuman menu khas daerah-daerah yang ada di Indonesia

Kontributor by : Suranti