YOGYAKARTA. Kecerian nampak terlihat di wajah para siswa kelas 4 dan 5 SD Juara Yogyakarta(5/8/2019). Pada hari ini mereka akan mengikuti kegiatan di luar kelas, tepatnya berkunjung ke Jogja Islamic Book Fair 2019 yang berlokasi di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta, Jalan Colombo No. 1 Karangmalang Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman. Kegiatan ini merupakan bentuk dari penawaran dari panitia Jogja Islamic Book Fair kepada SD Juara, sekaligus menjadi media alternatif yang cukup bagus untuk mengimplementasikan gerakan literasi sekolah.

Siswa berkumpul dan mengikuti sholat dhuha berjamaah di Mushola Timur gedung olahraga bagian timur UNY pukul 07.00 wib, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran baca tulis al-qur’an hingga pukul 09.00 wib.  Setelah itu, para siswa pun mengerjakan tugas tematik yang di berikan oleh guru pendamping yaitu bu catur palupi dan kak Ozy.

Tepat pukul 10.00 Wib seluruh siswa masuk ke Jogja Islamic Book Fair didampingi oleh guru serta ada pula yang didampingi oleh orangtua mereka, untuk mengikuti kajian dengan tema “Al-qur’an di hati dunia dalam genggaman”. Setelah kajian selesai, para siswa mengunjungi berbagai stand. Para siswa pun berkunjung dari stand satu ke stand lainnya. dalam kunjungan kali ini para siiswa diperkenankan untuk membeli buku yang mereka suka dengan harga yang terjangkau tak lebih dari Rp. 25.000,- dan apabila ingin membeli buku lebih dari itu maka harus melibatkan orang tua mereka.

“Saya senang sekali saat berkunjung ke Jogja Islamic Book Fair bersama teman-teman dan juga kakak, karena disana banyak pameran bukunya. Saya juga melihat-lihat buku cerita tentang nabi, kemudian membelinya untuk dibaca dirumah. Pokoknya saya senang hari ini”. Kata mas Restu salah satu siswa kelas empat SD Juara yang mengikuti kegiatan di Jogja Islamic Book Fair.

Kunjungan pun berakhir pukul 11.30 wib. Para siswa berserta orang tua keluar dari pameran Jogja Islamic Book Fair serta ada pula yang tengah menunggu jemputan dari orangtuanya. Semoga dengan adanya kegiatan ini, kepekaan literasi dalam diri siswa semakin lekat sehingga  muncul motivasi serta pembiasaan dalam diri siswa untuk mau membaca dan menulis guna menumbuhkan budi pekerti yang kuat.

Kontribusi by : Lilis Dewi

#IJF #Agustus #Yogyakarta  #SDJuaraJogja