Yogyakarta. Pagi itu setelah pembelajaran olahraga Siswa Kelas 3 dibagikan buku komik tentang akhlak mulia yang terdiri dari dua puluh tujuh seri(22/1/20). Masing-masing anak bergantian membaca judul buku yang mereka sukai. Ibu Ery Sulistyawati selaku wali kelas 3 meminta siswa untuk membaca dan mengamati buku yang ada dihadapan mereka.

“buku apa yg sedang di baca? Tanya bu Ery kepada siswa. “komik bu” jawab beberapa siswa yang suka membaca. “Seratus” jawab bu Ery sembari mengacungkan jempol.
Bu Ery kemudian meminta kepada siswa untuk mengamati lebih teliti lagi dari depan hingga belakang buku, siswa diminta menyebutkan ciri-ciri komik, judul, gambar, tokoh, dialog, cerita, penulis, latar, dan beberapa ciri yang lain. Sambil menuliskan jawaban di papan tulis, siswa-siswi sibuk membaca dan mengamati buku yang dipegangnya. Satu persatu pertanyaan tentang bagian-bagian komik terjawab diselingi dengan motivasi untuk terus mencari.

Diakhir pelajaran Bu Ery memberikan apresiasi dengan ucapan terimakasih kepada siswa yang sudah membantu menjawab bagian-bagian dari komik. Sebagai penguatan terakhir bu Ery mengajak siswa untuk membaca kembali bagian-bagian komik yang sudah berhasil dijawab oleh siswa. Pelajaranpun selesai dan diakhiri dengan doa, tampak muka kepuasan tersirat diwajah mereka, dan sembari bersalaman pulang mereka semua mendapat biskuit sebagai hadiahnya.
Kontributor : Ery Sulistyawati, S.Pd
#IJF #SDJuarajogja #Januari #Yogyakarta