Yogyakarta. Pendidikan tertib berlalu lintas sangat dianjurkan diajarkan kepada anak sejak dini. Alhamdulillah kali ini Siswa Kelas 1 SD Juara Yogyakarta berkesempatan belajar pendidikan tertib berlalu lintas di Taman Keselamatan Lalu Lintas (19/2/20). Taman ini milik Pemerintah Kota ( Pemkot ) Yogyakarta dan kini dikelola Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

Pukul 07.30 Siswa  kelas satu sudah berkumpul di Taman Lalu Lintas. Mereka  datang dengan penuh semangat untuk belajar mengetahui tata tertib lalu lintas. Sebelum acara di mulai, siswa terlebih  dahulu melaksanakan sholat Dhuha. Setelah selesai shalat dhuha, mereka diajak oleh pak Ali wali kelas satu untuk bermain di halaman. Siswa pun bermain  dengan sangat senang. Mereka bermain tepuk konsentrasi dan permainan macan, paijo dan painem.

Waktu telah menunjukkan pukul 08.30 WIB, dimulailah pengenalan materi tentang lalu lintas oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Para siswa dan orang tuanya dikenalkan tentang rambu-rambu lalu lintas ( APIL ) seperti lampu merah tanda harus berhenti, lampu hijau artinya jalan, lampu kuning artinya hati-hati , tanda huruf “P” artinya tempat parker dan masih banyak lagi tanda lainnya.

Semua siswa kelas satu sangat antusias menyimak materi dalam pengenalan ini. Usai materi anak-anak kemudian  di minta praktek dilapangan dengan memakai sepeda dan kendaraan lain. Dengan dipandu oleh karyawan Dinas Perhubungan , satu persatu anak – anak mencoba berkendara sesuai dengan rambu lalu lintas yang telah dipelajari sebelumnya.
“ Enak ya pak belajar kayak gini…Asyik bisa sambil naik sepeda…harga sepeda berapa ya pak?” tutur Putra ketika mencoba praktek tertib berlalu lintas.

Semoga dengan pengalaman dan materi pendidikan tertib berlalu lintas yang diajarkan sejak dini akan terekam di sanubari anak – anak dan kelak ketika mereka beranjak dewasa akan menerapkan dikehidupan mereka.

Kontributor: Ali Hafidh, M.Pd
#IJF #SDJuarajogja #Februari #Yogyakarta