Yogyakarta ( 20/01/2020) Dari ruang kelas 1 SD Juara Yogyakarta terdengar suara lantang Bapak Ali Hafidh yang sedang mengajar Funmath. Hari ini mereka akan belajar mengenal tentang bangun datar. Diantaranya bentuk segitiga, persegi panjang, segi empat dan lingkaran. Anak-anak diminta menyebutkan benda-benda yang ada diruang kelas yang berbentuk segitiga, persegi panjang dan sebagainya. Dengan suara keras mereka mulai menyebutkan satu persatu barang .
” Jendela berbentuk persegi panjang, jam dinding berbentuk lingkaran pak” kata ibad sambil menunjuk benda yang ia sebutkan.

Selanjutnya anak –anak diminta menjiplak bentuk segitiga, lingkaran, persegi dan persegi panjang dengan bantuan alat seperti tutup botol, peraga segitiga dll disebuat kertas yang berwarna –warni. Kemudian kertas itu dipotong sesuai bentuknya dan kembali ditempel dikertas berwarna putih sesuai dengan contoh yang telah disampaikan Pak Ali. Anak-anak dengan senang hati melakukan kegiatan ini.

Pak Ali menjelaskan bahwa dengan praktek membuat bangun datar anak-anak akan lebih mudah mengenal berbagai bentuk bangun datar dan mampu menyebutkan berbagai bentuk benda disekitar mereka. Anak – anak juga lebih terlihat bersemangat dalam belajar funmath.

Kontributor : Ali Hafidh, M.Pd
#IJF #SDJuarajogja #Januari #Yogyakarta