Rantai Simbol Sila Ke Dua Pancasila

Yogyakarta. Setelah melaksanakan pembiasaan pagi dan bersih diri, siswa kelas 1 SD Juara mengasah hafalan simbol dan bunyi Pancasila secara satu per satu.

Seluruh siswa mengirimkan video menghafalkan Pancasila. Untuk menambah pemahaman siswa terhadap simbol Pancasila khususnya sila ke dua Pancasila yang dipelajari pada materi tema 5 kali ini. Guru menugaskan siswa membuat simbol rantai menggunakan kertas lipat yang sudah dibagikan di hari sebelumnya.

Guru menjelaskan terlebih dahulu langkah – langkah dan cara membuat rantai dari kertas lipat atau kertas bekas. Anak – anak tampak menikmati proses menggunting kertas menjadi persegi panjang, menempelkan sisi bagian ujung dengan ujung menggunakan lem, kemudian menyambungkan tekukkan kertas lainnya terus menerus hingga membentuk sebuah rantai yang menjadi simbol sila ke 2 Pancasila.

Tujuan dengan adanya kegiatan ini agar siswa lebih paham tentang simbol – simbol dalam pancasila, serta Melatih motorik halus dan fokus siswa dengan menggunting kertas secara rapi.
Kontributor: resty susanty