Yogyakarta. Siswa kelas satu membuat pigura dari bubur kertas koran bekas di halaman sekolah (12/2/20). Adapun bahan dan peralatan telah mereka bawa dari rumah, diantaranya ada koran bekas, ember kecil, lem kertas dan kain untuk menyaring.

Bapak Ali  sebagai wali kelas membimbing siswa untuk memulai kegiatan membuat pigura. Adapun tehniknya adalah siswa diminta menyobek koran menjadi lebih kecil ukurannya. Sobekan koran yang telah kecil  dimasukkan kedalam ember. Jika sobekan koran sudah  cukup banyak, tambahkan air dan diaduk aduk serta diremas dengan tangan sampai menjadi bubur kertas. Setelah itu bubur kertas  disaring menggunakan kain agar airnya berkurang dan bubur bisa dibentuk. Setelah bubur kertas berkurang airnya dan siap dibentuk , siswa menambahkan lem kertas kedalam adonan bubur dan dicampur hingga merata. Adonan siap dicetak menjadi pigura dengan bentuk sesuai keinginan siswa.

Siswa sangat bersemangat membuat pigura, meskipun cukup sulit tetapi mereka tetap ceria dan menikmati kegiatan ini. Mereka juga saling membantu teman yang terlihat kesusahan saat membentuk pigura. Alhamdulillah,kegitaan ini berjalan dengan lancar dan selesai sebelum adzan dhuhur berkumandang. Berbagai bentuk pigura hasil kreasi kelas satu pun telah jadi. Ada yang membuat  pigura segi tiga,  segi empat, maupun  persegi panjang.

Kontributor : Ali Hafidh
#IJF #SDJuarajogja #Februari #Yogyakarta