Yogyakarta. Rasulullah SAW pernah bersabda “Shalatlah sebagaimana kalian melihatku shalat” (HR. Bukhari)
Hadist di atas merupakan petunjuk dari Nabi Muhammad SAW. agar kita melaksanakan shalat dengan tata cara yang sesuai dengan contoh dari Rasulullah. Bermula dari hadist itulah, siswa kelas 4 belajar tentang bagaimana menyempurnakan gerakan shalat(26/2/20).

Tujuan pembelajaran ini adalah agar siswa dapat melaksanakan gerakan shalat dan bacaan shalat serta mengetahui hikmah dari shalat. Mulanya beberapa orang siswa menunjukkan gerakan shalat masing-masing dari berdiri, takbiratul ihram, ruku’, sujud, serta gerakan yang lainnya. Setelah siswa menunjukkan tata cara shalat masing-masing, maka guru mengajarkan bagaimana cara shalat yang diajarkan Nabi Saw. salah satu contohnya gerakan ruku’. Guru menjelaskan bahwa gerakan ruku’ yang benar adalah badan membentuk sudut 90 derajat, lalu ketika gelas diletakkan di atas punggung maka gelas tidak jatuh.

Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, masing-masing siswa diberikan kesempatan untuk mempraktekkan gerakan shalat secara berpasangan. Setiap ada yang mempraktekkan shalat, maka pasangannya memperhatikan dan membenarkan ketika ada kesalahan.

Siswa kelas 4 terlihat senang dan bersemangat dalam belajar gerakan shalat yang benar. Hikmah yang dapat diambil adalah kita harus beribadah sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw., hendaknya kita memahami arti dari bacaan dan gerakan shalat yang diperintahkan dalam Islam agar shalat kita dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Kontributor: Ginanjar Ghoiru Mamnun, S.Pd
#IJF #SDJuarajogja #Februari #Yogyakarta