Ada banyak cara anak-anak SD Juara Yogyakarta menghabiskan waktu istirahat mereka. Ada yang jajan dikantin, membaca buku diperpustakaan, bermain kejar-kejaran dihalaman dan ada juga yang sekedar mengobrol seru dengan teman dikelas.
Jumat pagi ini ( 29/11/2019) siswa putra kelas 5 berkerumun dihalaman sekolah. Mereka tampak menggambar dilantai konblok halaman. Ternyata mereka menggambar permainan Sunda manda atau dalam bahasa jawa lebih dikenal dengan nama “engklek”. Setelah gambar selesai mereka berhompimpa menentukan urutan giliran dalam bermain. Berikutnya satu persatu dari peserta melompat menggunakan satu kaki disetiap petak-petak yang telah digambar. Permainan berjalan seru sekali. Beberapa pemain tumbang dalam permainan karena menginjak garis pinggir gambar. Namun ada juga yang sangat lihai dalam melompat disetiap petak.
Permainan ini melatih anak-anak beradu strategi dalam memenangkan permainan. Anak yang memili petak terbanyak adalah pemenangnya. Selain beradu strategi permainan ini melatih kesabaran ketika antri menunggu urutan bermain. Mereka juga sudah turut serta melestarikan permainan tradisional Indonesia.
“ Daripada bermain yang tidak jelas lebih baik main ini bu…seru..” ujar Nasir yang ikut serta dalam permainan.
“ Iya bu…bisa sekalian olahraga” tambah Ardhian
Alhamdulillah Siswa SD Juara memang keren, selalu punya inisiatif tinggi dalam belajar sambil bermain disekolah.
Kontributor : Sri Ummiyati
#IJF #SDJuarajogja #November #Yogyakarta