Yogyakarta. sudah tiga hari ini siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh(18/3/20). Banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari jadwal kegiatan, rencana pembelajaran, media pembelajaran yang sesuai, serta pijakan-pijakan agar pembelajaran berjalan dengan baik. Faktor yang paling penting yaitu kerja sama guru dengan wali siswa dan siswa itu sendiri.

Berdasarkan pertimbangan kondisi orang tua terhadap meleknya teknologi yang masih terbatas dan fasilitas HP yang support untuk PJJ selama masa karantina Covid-19 maka kelas 4 SD Juara Yogyakarta diberikan tugas worksheet yang sudah disiapkan. Tema yang kami usung adalah pembiasaan pola hidup bersih dan sehat serta penguatan ruhiyah. Selain itu ada pula tugas bermuatan kognisi dan pembiasaan baik. Bentuk pelaporannya yaitu foto atau video kegiatan yang dilakukan anak dan di kirim via Wapri ke guru kelas.

Dari pembelajaran di rumah ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan yang tinggi bersama keluarga, mereka dapat menciptakan moment kebersamaan dengan keluarga mulai dari kegiatan beribadah, belajar, berinteraksi, bahkan bermain bersama keluarga dan yang paling penting adalah ada bounding kelekatan dengan orangtua.Orang Tua dipacu untuk memonitoring, supporter dan merengkuh kegiatan ananda di rumah. Mulai Daily activity secara pribadi dan lingkungan rumah dan sekitar rumah.

Salah satu pembelajaran adalah membuatkan minuman untuk keluarga berupa wedah serai untuk menjaga kesehatan. Dari laporan kegiatan alhamdulillah mereka mampu melaksanakan pembelajaran ini. Ada yang melipat baju semua anggota keluarga ada yang ikut menjaga warung, dan membuat bermacam-macam mainan dari barang bekas.Tujuan kegiatan ini agar anak dapat mengetahui kesukaan dari anggota keluarganya baik dari makanan, minuman, dan yang hal lainnya. Setelah saling mengetahui maka anak dapat memahami lalu terciptanya kehidupan yang rukun, sehingga kebersamaan dengan keluarga dapat menjadi moment yang hangat.

Terimakasih Nak masih semangat untuk belajar dan mengikuti berbagai kegiatan pembelajaran. Dan terimakasih pula untuk orang tua yang telah aktif dan slalu mensuport kegiatan pembelajaran ini.

Kontributor by Suranti, S.Pd
#IJF #SDJuarajogja #Maret #Yogyakarta