Yogyakarta ( 07/11/2019) Kamis pagi ini terlihat anak-anak dengan penuh semangat menghampiri bapak dan ibu guru yang berdiri didepan sekolah untuk bersalaman. Bapak dan Ibu Guru menyambut anak-anak dengan 3 S ( Senyum, Salam, Sapa ). Menyapa dengan senyuman, menanyakan kabar dan tentu saja memberikan semangat untuk belajar.
Hari ini akan dilaksanakan program sehari belajar diluar kelas. Bel tanda masuk berbunyi, anak-anak bersiap mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat dhuha dan murajaah surat pendek bersama-sama. Selesai shalat dhuha anak-anak melaksanakan bersih lingkungan melalui program smutlis (sepuluh menit untuk lingkungan sekolah). Program ini rutin dilakukan setiap pagi sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Setelah smutlis, anak-anak bersiap dihalaman sekolah untuk senam germas. Sebelum senam dimulai terlebih dahulu anak-anak menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh bapak ibu guru dan diikuti oleh semua siswa. Alunan musik senam germas setelah lagu Indonesia Raya mengiringi semua anak bersenam bersama dengan ceria. Selain senam, anak-anak juga diperkenalkan dan mempraktekkan Tepuk Hak Anak dan Yel Yel Sekolah Ramah Anak. Dalam sesi ini dipraktekkan juga simulasi evakuasi bencana dalam gerak dan lagu.
Selesai senam germas anak anak kemudian mencuci tangan dan membaca buku sebagai bagian dari gerakan literasi. Anak-anak membaca buku yang disuka didampingi oleh wali kelas masing masing. Alhamdulillah anak-anak begitu menikmati sesi membaca ini. Tak berapa lama setelah membaca, anak – anak berkumpul melingkar untuk makan bersama dan istirahat. Setelah selesai makan dan istirahat , anak-anak melanjutkan sesi lomba permainan tradisional. Permainan yang dilombakan adalah Egrang, Gasing, Hulahop dan bakiak. Anak-anak terlihat seru dan menikmati permainan trasdisional ini.
“ Ternyata bermain gasing susah susah gampang ya bu” ujar hakim kelas 1
“ Bu…aku bisa bermain hulahop lho…lihat sini bu…” Nada berujar dengan semangat
Alhamdulillah dengan program ini anak – anak merasa sangat terhibur dan menikmati sehari belajar diluar kelas.
Kontributor : Sri Ummiyati
#IJF #SDJuarajogja #November #Yogyakarta