Yogyakarta, SD Juara Yogyakarta memperingati hari olah raga nasional (HAORNAS) dengan mengadakan fun run bertempat di Stadion Mandala Krida (11/9/19). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas satu sampai kelas enam. Sebelum kegiatan dimulai para siswa tetap melaksanakan pembiasaan pagi sholat dhuha. Usai sholat dhuha, para siswa dikumpulkan di halaman sekolah untuk mendengarkan instruksi dari salah satu guru. Kemudian mereka berangkat ke Stadion Mandala krida dari sekolah pukul 08.00 wib bersama bapak/ibu guru dengan berjalan kaki.
Sesampainya dilokasi, siswa diminta untuk berkumpul per kelas bersama dengan wali kelasnya masing-masing, kemudian oleh wali kelas dibagikan nomor sesuai urut absen untuk di tempelkan di baju bagian dada bagi siswa putra dan ditempelkan di jilbab untuk siswa putri. Pemanasan pun juga tak lupa mereka lakukan untuk menghindari terjadinya cidera saat berlari. Setelah pemanasan selesai, seluruh siswa berkumpul di jalur lari.
Kegiatan fun run ini memiliki beberapa ketentuan diantaranya, peserta memakai seragam olahraga lengkap dengan sepatu, peserta bersama-sama memulai marathon setelah wasit meniup peluit dan bendera start dikibarkan, peserta berlari dan boleh juga berjalan jika sudah kelelahan, track yang harus dilalui peserta adalaah jalaan beraspal dan tidak boleh naik ke trotoar stadion, menjaga etika saat berlari yaitu tidak boleh meludah disembarang tempat, tidak boleh berkata kotor, maupun melepas baju, menjaga keselamatan diri dan keselamatan teman lainnya dan terakhir, fun run dilaksanakan selama satu jam, dan peserta yang paling banyak mampu berlari mengitari track berlari ialah pemenangnya.
Peluit pun di tiup dan Bu lilik sebagai kepala sekolah SD Juara Yogyakarta mengibarkan bendera kecil, pertanda marathon dimulai, seluruh peserta pun berlari mengelilingi stadion mandala krida. Mereka pun terlihat sangat senang dengan kegiatan ini, mereka berlari gembira bersama dengan teman-temannya. Disetiap track telah ada bapak-ibu guru yang bertugas berjaga-jaga dan juga para wali kelas bertugas menghitung putaran yang dilalui oleh siswanya. Satu jam membuat para peserta nampak kelelahan, namun juga ada yang masih bersemangat untuk berlari dan peserta inilah yang berhasil mencetak putaran terbanyak. Ada tiga siswa kelas atas yang memiliki putaran terbanyak yaitu ananda akbar, moris dan naja. Ketiga siswa ini berhasil emmperoleh 11 x putaran, sedangkan pada kelas bawah putaran terbanyak dilakukan oleh ananda muis, hanif dan hakim dengan 7 x putaran. Karena banyaknya jumlah putaran yang didapatkan sama maka mereka pun kembali lagi di minta untuk lari cepat, hal ini untuk menentukan pemenangnya. Kegiatan HAORNAS berakhir pukul 10.450 wib di akhiri dengan pemberian piala dan susu sebagai hadiah dari kegiatan fun run ini, serta foto bersama dengan masing-masing kelas dan wali kelas. “Alhamdulillah anak-anak merasa antusias, semoga dengan adanya kegaitan ini jiwa sportifitas, pantang menyerah dan konsistensi anak-anak dapat terlatih”. Tutur ketua pelaksana bapak Amiruddin Alhaq.
Kontributor : lilis dewi
#IJF #September #Yogyakarta #SDJuarajogja