Yogyakarta, 30 September dan 1 Oktober merupakan peringatan peristiwa G30S/PKI dan hari kesaktian pancasila. Kedua hari bersejarah ini memiliki keterikatan satu sama lain, dan untuk memperingatinya SD Juara Yogyakarta mengadakan Nobar film sepatu dahlan di aula pada hari senin dan upacara bendera dihalaman sekolah pada hari selasa (1/10/2019). Sebelum mengikuti nobar di aula, para siswa mengikuti pembiasaan pagi hingga bel istirahat berbunyi. Setelah jam istirahat, siswa menuju ke aula untuk mengikuti nobar/nonton bareng sepatu dahlan selama 2,5 jam. Film sepatu dahlan dipilih oleh waka kesiswaan dan learning support unit untuk diambil semangat nasionalismenya. Diakhir penayangan film, bapak/ibu guru wali kelas memberikan refleksi ke pada masing-masing siswanya di kelasnya dengan cara mereview kembali film yang telah di tayangkan di aula.

Sedangkan untuk kegiatan upacara peringatan hari kesaktian pancasila dilaksanakan tepat pukul 07.00 wib dengan petugas siswa kelas enam dan pembina upacara yaitu kepala sekolah Sd Juara Yogyakarta Ibu Lilik Siswati,S.Pd.I. Saat amanat upacara bendera, di depan seluruh siswa SD Juara Yogyakarta bu lilik menekankan 3 poin penting yaitu pertama, kita patut bersyukur bahwa hingga saat ini rakyat indonesia masih mempertahankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Kedua, paham komunis tidak ada dalam ajaran Islam karena itu tidak sesuai dengan Pancasila sila ke 1 dan tidak sesuai dengan al Quran dalam surat Al-Ikhlas dan ketiga sebagai bangsa Indonesia kita harus menghormati keberagaman dan perbedaan setiap teman di sekolah kita, meski ada yang berbeda warna kulit, berbeda bahasa, suku dan budayanya namun kita tetap 1 yaitu INDONESIA.
Moment ini juga sekaligus menjadi moment pemberian penghargaan kepada beberapa siswa yang berhasil memperoleh juara di beberapa lomba di bulan agustus – september diantaranya Muhammad Fathurrahim mendapatkan juara 3 lomba jemparingan, Akbar Dwi Putra Aryana juara 2 lomba sepak bola, Cinta khaliza Juara 3 lomba Nasyid, Nisa Nur fadhilah juara 1 lomba Tahfidh, Rahma Hanifa juara 3 lomba hafalan, Faika Najma Adiba juara 2 lomba mewarnai, Abdillah Abdurrahman Mubarok juara 2 lomba menggambar, dan Syifa Nurafifah juara 2 lomba tartil. Kesemua lomba didapat dari beberapa tingkat diantaranya tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kota bantul. Semoga dengan adanya pemberian reward kepada beberapa siswa ini dapat memotivasi siswa yang lainnya agar semakin berprestasi.
Kontributor: Lilis dewi
#IJF #Oktober #Yogyakarta #SDJuaraJogja