Yogyakarta. Selain upacara bendera, perayaan 17 Agustus juga identik dengan berbagai macam perlombaaan, dan tentunya menjadi momen tersediri untuk banyak kalangan. Tak terkecuali SD Juara Yogyakarta. SD Juara yang merupakan binaan Rumah Zakat ini menyambut HUT kemerdekaan RI ke 74 di tempat parkir dan halaman sekolah(14/8/19). Sebanyak 132 siswa dari kelas 1-6 turut hadir memeriahkan semarak kemerdekaan. Kegiatan lomba dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.30 wib.

Setiap siswa diperbolehkan mengikuti lebih dari satu jenis lomba. Adapun lomba per regu diantaranya lomba estafet karet, estafet air, membawa balon, serta lomba bakiak. Sedangkan lomba individu diantaranya ada lomba memasukkan sikat gigi kedalam botol, egrang, balap karung menggunakan helm, mewarnai, dam-daman dan lomba holahop. Lomba-lomba ini dipilih dengan pertimbangan untuk mengurangi sampah plastik.

Sebelum perlombaan dimulai, siswa terlebih dahulu mengikuti pembiasaan pagi sholat dhuha dimasjid, murojaah dan smutlis. Baru setelah itu siswa mengikuti perlombaan dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu ke masing-masing guru penanggungjawab lomba. Banyak kejadian menarik dari setiap lomba yang membuat penonton tertawa. Estafet air misalnya, baju para peserta tampak basah terkena siraman air yang tak masuk kedalam gelas teman dibelakang nya. Lomba balap karung juga menarik dan menantang karena tak hanya menggunakan karung goni namun peserta juga memakai helm ukuran orang dewasa, sehingga beberapa peserta pun ada yang berhenti ditengah jalan dan helmnya terlepas. Lomba bawa balon berpasangan juga sangat seru,karena diiringi lagu dan wajib berhenti jika lagu dimatikan. Seluruh siswa pun nampak sangat senang dengan adanya kegiatan lomba ini. Hasil dari lomba pun akan diumumkan setelah upacara bendera pada hari Sabtu mendatang.

Kegiatan lomba 17-an ini diketuai oleh ibu catur Palupi yang merupakan waka kesiswaan dan kurikulum SD Juara Yogyakarta. Beliau mengatakan bahwa “Lomba-lomba ini diadakan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air dalam diri siswa,
Dan Alhmdulillah kegiatan berjalan lancar sesuai dengan harapan. Sehingga mereka bisa mengisi kemerdekaan dengan perlombaan-perlombaan yang membuat mereka semakin bahagia dan bisa mengeksplore kemampuan serta menyalurkan bakat mereka”. Terakhir, kegiatan lomba ditutup dengan makan bersama antar siswa untuk mengeratkan rasa kebersamaan.
Kontributor: Lilis Dewi
#IJF #SDJuarajogja #Agustus #Yogyakarta