Yogyakarta. Siswa kelas tiga melaksanakan pembelajaran ber tema perkembangbiakan mahluk hidup(13/8). Siswa di bagikan biji tanaman jagung dan bibit ikan lele yang harus di amati oleh siswa. Siswa juga di bawakan lembaran pengamatan untuk memantau hasilnya.

Projek tanaman jagung berlangsung selama satu tahun. Selain itu biji tanaman jagung juga di tempatkan di tempat yang cukup sinar matahari dan satunya lagi di tempat yang teduh dengan intensitas penyiraman yang sama. Sedangkan untuk ikan lelenya berlangsung hingga akhir tahun ajaran selesai. Dan bagi siswa yang berhasil menanam jagung dan memelihara lele hingga hasil panen maka siswa tersebut berhak mendapat reward dari wali kelas mereka.

Tujuan dari proyek ini antara lain untuk menumbuhkan kecintaan terhadap mahluk hidup lainnya yakni tanaman dan hewan, menumbuhkan kecerdasan natural pada diri siswa untuk belajar mengenal karakteristik dan sifat tanaman dan binatang, melatih tanggung jawab, kedisiplinan, dan ketelatenan,kesabaran dalam pemeliharaan hingga panen agar sadar bahwa semua butuh proses tidak hanya instan, serta tak kalah pentingnya menyukuri nikmat atas ketersediaan rezeki yang setiap hari ada yang disediakan oleh petani, pedangan, dan ayah bunda yang bisa langsung dimakan oleh siswa, dan juga menghargai kerja keras para petani.

Kontributor: Ery Sulistyawati,S.Pd
#IJF #Yogyakarta #SDJuarajogja #Agustus #BDR