• SD Juara Yogya terletak di Gayam no. 9, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman Kota Jogjakarta dengan luas tanah 704 meter persegi termasuk masjid dan luas bangunan sekolah 508 meter persegi. Status lokasi yang ditempati SD Juara Jogjakarta adalah milik yayasan AlHidayah yang kemudian disewa oleh SD Juara Yogyakarta.
  • SD Juara merupakan sekolah impian. Impian siapa pun yang mendambakan pendidikan formal yang berkualitas bahkan tanpa harus mengeluarkan biaya. Sebagaimana kita ketahui, di negeri kita, para orang tua harus merogoh enam hingga belasan juta untuk memasukkan anaknya ke sekolah favorit yang mereka harapkan. Belum lagi biaya bulanannya, kegiatan outing, seragam, ekstrakurikuler, atau sekedar ongkos transportasinya.
  • SD Juara hadir mulai tahun 2009 di kota Jogjakarta, tepatnya Jalan Gayam no 9 Yogyakarta. SD yang mengusung tagline Sekolah Unggulan Gratis Berkualitas ini sesungguhnya sudah mulai dikenal di kalangan Sekolah gratis, yang bernama unik “Juara” ditambah lagi slogan “Unggulan” dan “Berkualitas”. Gratis identik dengan asal-asalan, tidak serius, dan apa adanya. Namun belakangan masyarakat melihat betapa SD Juara merupakan sekolah gratis yang kreatif, inovatif, muda, enerjik, disiplin, dan tentu saja; islami. Dan dari tahun ke tahun SD Juara semakin diperhitungkan, peminatnya pun semakin banyak. Sehingga kuota yang kami sediakan yakni 25 anak per kelas selalu penuh di setiap tahunnya.
  • Berbicara tentang seleksi penerimaan peserta didik baru, tentu tidak seperti sekolah favorit yang menyeleksi para calon peserta didiknya dengan berbagai tes akademik sehingga peserta yang diterima memiliki daya intelektual yang tinggi. Seleksi untuk diterima di SD Juara hanya seleksi ekonomi. Sebagaimana yang kita ketahui, sumber dana sekolah ini berasal dari para donatur Rumah Zakat yang hanya untuk disalurkan pada mustahik atau kaum dhu’afa. Seleksi yang paling menentukan adalah SKTM dan survey langsung ke rumah calon peserta didik untuk memastikan kondisi ekonominya benar-benar butuh dibantu.
  • Setiap peserta didik di sini mendapat segala fasilitas secara gratis tanpa kecuali. Empat stel seragam sekolah, tas, sepatu, modul pembelajaran, ekstrakurikuler, kegiatan-kegiatan outing seperti berenang, field trip, careers day, PHBI, PHBN, Achievement Motivation Training, LDKS dan model pembelajaran lainnya hingga konsumsi dan transportasi didapat secara free!
  • Sarana prasarana merupakan salah satu unsur yang sangat dominan dalam pembelajaran yang Saat ini kami menggunakan gedung hasil kerja sama antara Yayasan Al Hidayah dan Rumah Zakat. Pada saat ini kami disediakan 4 ruangan yang masing-masingnya berukuran sekitar 6 x 5 meter. Satu aula besar yang disekat tidak permanen. Sementara satu ruangan lagi berfungsi sebagai ruang guru yang dihuni oleh 16 personil tenaga pendidik dan kependidikan. Sampai saat ini anak anak kelas lima masih menggunakan masjid sebagai ruang kelas. Ala kulli hal, kami tetap mensyukuri apa yang telah kami terima.
  • Banyak keterbatasan yang menghambat kreativitas ketika kami masih bertempat tinggal di sini. Kelas yang kecil dengan peluang pemanfaatan yang terbatas karena terkena aturan ini itu dari pihak yayasan.Semoga kedepan anak anak kami akan dapat tempat yang lebih memadai sehingga akan dapat belajar dengan lebih leluasa lagi.