Yogyakarta, Meski pembelajaran masih dilaksanakan di rumah dengan pendampingan orang tua, siswa kelas dua tampak senang ketika mendapat tugas dari wali kelasnya untuk membuktikan perubahan wujud benda dari cair menjadi padat (9/20).

Kali ini mereka akan mempraktekkan membuat es lilin. Adapun bahan yang sudah mereka siapkan diantaranya air, sirup/susu, gula,karet, corong dan plastik kecil.

Cara membuat es lilin ini cukup mudah yaitu dengan menuangkan sirup/susu kedalam gelas yang berisi air, lalu diaduk. Jika kurang manis dapat dengan menambahkan gula. Kemudian ambil plastik kecil dan taruh corong diatas lubang plastik, tuang sirup kedalam plastik sedikit demi sedikit melalui corong, perhatikan jangan sampai penuh saat menuang kedalam plastik, kemudian ikat dengan karet dan terakhir masukkan ke dalam freezer selama 2 jam.

Setelah dua jam didalam freezer, siswa pun mengeluarkan es lilin tersebut. Berbagai rasa dan warna es lilin telah terbuat. Ada siswa yang membuat es lilin rasa stowbery, rasa cokelat, maupun rasa jeruk. Kemudian siswa mengamati dan menyimpulkan perubahan wujud yang terjadi, mereka juga mencicipi hasil dari percobaan yang telah mereka lakukan.
“Asyik…bisa bikin es lilin sambil belajar”. Tutur Hanif senang.

Kontributor: Ali Hafidh
#IJF #SDJuarajogja #Yogyakarta #BDR #September