Yogyakarta, hari ini merupakan hari yang istimewa untuk siswa kelas dua, mereka akan melakukan perjalanan ke solo untuk mengikuti pembelajaran di luar kelas yaitu di museum Keraton Surakarta dan masjid agung Solo(12/2/20).

Pukul 08.20 wib para siswa satu persatu telah masuk ke stasiun sambil membawa tiket kereta api. Kemudian mereka masuk ke dalam gerbong dan berdoa sebelum perjalanan dimulai. Selama dalam perjalanan siswa diajarkan untuk mempraktekkan kata maaf maupun kata permisi untuk mencari tempat duduk. Kemudian memberikan tiket kepada petugas pemeriksa tiket kereta.

Sesampainya di stasiun solo para siswa langsung menuju mushola yang ada di kraton Surakarta untuk melaksanakan sholat dhuha bersama. Setelah itu, barulah para siswa mulai berkunjung serta melihat lihat benda-benda yang terpajang didalam kraton Surakarta. Usai berkunjung ke keraton Surakarta Siswa pun kembali lagi melanjutkan perjalanan mereka ke masjid agung Solo. Di masjid agung Solo ini mereka juga melaksanakan sholat dhuhur berjamaah.

Tujuan dari kegiatan fieldtrip ini adalah mengamalkan ungkapan maaf, terimakasih, tolong dan permisi. Serta mematuhi tata tertib, menjaga lisan serta perilaku saat berada di tempat asing ( wisata ). Kegiatan ini juga merupakan bentuk support dari wali murid kelas dua untuk bersinergi dengan sekolah. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini semakin menambah kerekatan antar siswa, orang tua dan guru. Menambah kecintaan terhadap negeri tercinta Indonesia dengan melestarikan dan menjaga kekayaan masa lampau serta melatih sosialisasi dan beradaptasi di kota yang baru.
#IJF #SDJogja #Februari #Yogyakarta