Yogyakarta, Senin 20 Juli 2020 kelas lima SD Juara melaksanakan pembelajaran matematika dengan materi penjumlahan pecahan. Pembelajaraan akan terasa bermakna jika siswa merasakan apa manfaat dari pembelajaraan yg dilakukan.

Syarat untuk masuk pembelajaraan ini adalah siswa sudah menguasai konsep perkalian sehingga anak tidak akan kesulitan saat mengerjakan penjumlahan pecahan . Bu khotim selaku guru kelas 5 menyampaikan bahwa pelajaran pecahan boleh jadi menjadi pelajaran yang wajib bagi umat Islam karena ada kaitannya dengan pembagian harta warisan yang menggunakan bilangan pecahan seperti dalam Q.S.An Nisa:11.

Setelah materi dishare di WAG dan diberikan pengantar oleh Bu khotim melalui voice note siswa mengerjakan dirumah didampingi orang tua atau mandiri. Di sela pembelajaran beberapa siswa ada yg tetap bertanya ketika blm jelas dalam mengerjakan tugas.

Tugas kali ini mereka melakukan penjumlahan dengan cara menggunakan kertas lipat supaya siswa dapat melihat secara kongkrit cara melakukan penjumlahan pecahan. Untuk siswa kelas lima yg sebagian besar kinestetis dan visual hal ini pasti sangat menyenangkan sehingga siswa lebih mudah dalam memahami pembelajaran.

Selanjutnya siswa mengerjakan latihan soal untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka tentang materi penjumlahan pecahan.Semoga pembelajaran pecahan ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari mereka seperti membagi satu kue untuk beberapa orang.
Kontributor: Siti Khotimatul Mahmudah
#IJF #Yogyakarta #SDJuarajogja #Juli #BDR