Banyak sekali cara mengenalkan pembelajaran untuk siswa di sekolah dan akan sangat mengasyikkan bagi siswa apabila siswa belajar dengan praktek langsung atau memegang media yang digunakan untuk belajar. Seperti yang dilakukan di kelas tiga SD Juara Yogyakarta bersama wali kelasnya Ery Sulistyawati, S.Pd, mereka belajar tentang pecahan dengan menggunakan media lingkaran yang terbuat dari kertas(09/1/20) . Sehari sebelumnya di umumkan bahan yang akan digunakan untuk belajar yakni tutup gelas, gunting dan kertas yang bisa di lipat dan diwarnai.

Pembuatan media pembelajaran pecahan dengan media lingkaran ini diawali dengan memahamkan siswa bahwa selain bilangan bulat juga ada bilangan pecahan. Ibu Ery memberikan perumpamaan tentang pembagian roti. Satu roti dapat di bagi-bagi, dapat di bagi menjadi dua bagian, tiga bagian, empat bagian, lima bagian dan seterusnya. Ibu Ery juga menerangkan bagaimana caranya agar kita berbuat adil dalam membagi satu buah makanan, seperti roti yang berbentuk lingkaran dapat di bagikan kepada teman-temannya dengan adil.
Siswa mempraktekkan dengan membuat lingkaran sebanyak lima buah, yang masing masing akan di bagi dengan pembagian yang berbeda – beda, ada yang di bagi dua yang masing- masing mendapatkan satu per dua atau setengah atau separo, ada yang di bagi tiga ada yang di bagi menjadi empat dan ada juga yang di bagi.
Alhamdulillah dengan cara praktek seperti ini siswa dapat semakin mudah memahami konsep pecahan sekaligus ada penanaman karakter adil dalam berbagi.
Kontributor : Ery Sulistyawati
#IJF #SDJuarajogja #Januari #Yogyakarta