Yogyakarta, SD Juara Yogyakarta kembali lagi mengadakan kegiatan rutin bulanan bersama para orang tua murid(14/3/19). Kegiatan Parenting School kali ini mengangkat tema “Memahami Karakter Anak”. Sebagai nara sumber pada materi kali ini adalah Bapak Aris Widodo, M.Pd selaku kepala UPT Unit Layanan Disabilitas dan Resourch Center Kota Yogyakarta.
Diawali dengan pembukaan dan tilawah oleh MC yang ditunjuk dari wali murid, lalu dilanjutkan sambutan oleh Bu Lilik Siswati selaku Kepala sekolah SD Juara Yogyakarta. Setelah sambutan yang disampaikan oleh bu Lilik, langsung dilanjutkan acara inti yaitu pemaparan materi tentang “Memahami Karakter Anak” oleh pak Aris Widodo. Pak Aris mengawali dengan perkenalan diri, dan menceritakan sedikit suka duka beliau yang memiliki 2 putra, satu di antaranya membutuhkan pendampingan khusus karena karakternya yang unik. Di tengah-tengah bercerita, pak Aris juga sekaligus menyampaikan materi bahwa untuk menghadapi anak harus emnggunakan strategi tertentu sesuai dengan karakter dan mood si anak. Hal tersebut dilakukan supaya pesan yang diharapkan orang tua bisa diterima dengan baik oleh anak dan menjadi bekal perilaku yang lebih baik. Selain itu, orang tua juga perlu merawat fitrah anak agar proses pendidikan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Anak jangan terlalu ditekan, ketika belajar misalnya. Kalau kelihatan sudah tidak fokus, maka boleh istirahat bermain sebentar kemudian lanjut belahar lagi. Maka, hal itu akan lebih berbuah manis. Di sela-sela materi pak Aris juga memberikan game serta guyonan-guyonan segar bagi wali murid, agar konsentrasi terjaga dikarenakan jam siang adalah jam rawan, begitu canda beliau.
Setelah sesi pemaparan materi, ada beberapa tanya jawab dari para peserta. Peserta tampak antusias dengan materi yang disampaikan oleh pak Aris. “Semoga kami bisa mendidik anak-anak lebih baik lagi”, ujar salah satu wali murid.
Kontributor : Annisa Nursanti Ardhina
#IJF #Maret #Yogyakarta #SDJuaraJogja