Yogyakarta ( 5/11/2019) Suasana di ruang kelas 1 dan 2 SD Juara Yogyakarta terlihat riuh ketika petugas medis dari Puskesmas Gondokusuman 1 terlihat memasuki area sekolah. Respons para siswa pun aneka rupa, ada yang biasa saja, terlihat bersemangat ada pula yang menangis histeris. Para siswa ini mendapat imunisasi Difteri Tetanus (DT) untuk siswa kelas 1 dan tetanus diphteria (Td) untuk siswa kelas 2 . Program imunisasi ini dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).
Pemberian imunisasi untuk siswa SD perlu dilakukan karena sejak anak memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan tingkat kekebalan. Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia SD atau sederajat.Program BIAS ini untuk memberi-kan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit difteri dan tetanus. Karena itu para guru dan orangtua perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas Puskesmas setempat.
Selain pemberian imunisasi juga diadakan skrening kesehatan untuk siswa kelas 2 dan 3. Skrening kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah, status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, pemeriksaan kebersihan diri, kesehatan penglihatan, kesehatan pendengaran, kesehatan gigi dan mulut. Hasil dari skrening ini yang kemudian dijadikan acuan apakah siswa dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut atau tidak.
Kontributor : Sri Ummiyati
#IJF #SDJuarajogja #Oktober #Yogyakarta