Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional berdasarkan keputusan UNESCO yaitu badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuaan dan Kebudayaan yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik sebagai Daftar Representative Budaya Tak Benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.
Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, SD Juara Yogyakarta memeriahkan dengan aneka kegiatan yang berkaitan dengan batik. Bapak/ibu guru menyesuaikan dengan kemampuan dan kondisi siswa. Untuk kelas 1, 2, dan 3 kegiatan siswa difokuskan pada mewarnai gambar motif batik. Terdapat tiga motif batik yang disajikan untuk diwarnai siswa yaitu batik ceplok kawung gringsing, batik ceplok mlati, batik semen mulwo. Sedangkan untuk kelas 4 diberi kegiatan membawa kaos atau jilbab berwarna putih untuk diberi warna teknik batik jumputan. Adapun kelas 5 membatik ecoprin dan kelas 6 membatik tulis dengan pewarnaan menggunakan canting.
Semua bahan disiapkan mulai dari dedaunan untuk batik ecoprin, kelereng atau manik-manik, karet, tali rafia, pewarna kain, malam, kompor, pemidang, dan lain-lain tertata rapi di depan halaman sekolah. Bapak/ibu guru membagi siswa ke dalam beberapa kelas dengan mengelompokkan berdasarkan jenis batiknya. Termasuk juga kelas bawah yang hanya mewarnai batik dengan menggunakan pensil warna. Agar lebih meriah bapak dan ibu guru juga menghidupkan musik bertema dolanan tradisonal misalnya lagu cublak-cublak suweng, jaranan, dan lainnya. Suasana makin meriah ditambah dengan himbauan siswa untuk berseragam batik.
Dari kegiatan aneka ragam membatik yang dilaksanakan di SD Juara ini diharapkan siswa mampu mencintai dan melestarikan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia. Dengan mencintai batik akan mampu membangun semangat nasionalisme dan bangga terhadap bangsa Indonesia. Selain itu membatik bermanfaat melatik motorik halus dan kesabaran siswa dalam menjalani proses membatik. Dengan demikian akan tumbuh penguatan pendidikan karakter pada diri siswa.
Contributor :Lilik Siswati
#IJF #SDJuarajogja #Oktober #Yogyakarta