Yogyakarta. Di Era dunia yang serba instan seperti sekarang ini urusan makanan adalah perkara gampang. Mau makan makanan dari A sampe Z semua ada. Malas masak tinggal go food. Namun tidak semua orang suka dengan masakan buatan restoran, mereka lebih senang memasak dengan tangan mereka sendiri. Untuk bisa memasak sendiri berarti harus tahu aneka bumbu dapur.

Oleh karena itulah Kali ini Ibu Ummi sebagai pengampu keputrian kelas 5 mengajak siswa untuk mengenal berbagai bumbu dapur(14/2/20).

Sebelum kegiatan dimulai siswa terlebih dahulu berdoa dan dilanjutkan dengan murojaah Surat Al Bayyinah serta kultum oleh salah satu siswa. Setelah selesai kultum siswa kemudian dibagi menjadi 3 kelompok. Diatas meja telah disediakan 6 piring kecil berisi aneka macam bumbu dapur. Setiap kelompok berrtugas menyebutkan nama bumbu dapur di setiap piring kecil dalam waktu yang telah ditentukan. Para siswa terlihat sibuk dan penasaran dengan bumbu dapur yang telah tersedia. Ada yang berulang – ulang membau bumbu, ada yang sekali lihat mereka sudah tahu bumbu tersebut.

“ Ini apa tow bu? Kayak kunyit…tapi warnanya tidak sekuning kunyit…baunya juga aneh “ kata Salsa ketika membau bumbu dapur yang dikenal dengan nama “kunci”
“ Kalau ini pasti daun salam…iya kan bu? Aku sering lihat sewaktu membantu ibu memasak “ celoteh Ima

Selesai menyebutkan semua bumbu dapur siswa kemudian kembali ke kelompok masing – masing dan bersiap menunggu jawaban atas nama bumbu dapur yang telah mereka tulis dalam secarik kertas. Ibu Ummi kemudian menyebutkan satu persatu nama bumbu dapur. Ternyata ada beberapa siswa yang terbalik menyebutkan nama antara merica dan ketumbar. Dan juga ada yang benar menyebutkan nama bumbu dapur “kunci”. Siswa tampak serius mendengarkan perbedaan merica dan ketumbar juga antara kunyit dengan “kunci”. Alhamdulillah sebagian besar siswa telah mengenal aneka bumbu dapur dan mereka ternyata sudah sering membantu orang tua terjun memasak. Semoga sedikit bekal perkenalan bumbu dapur ini menjadi bekal untuk mereka dalam memasak untuk orang orang tersayang.

Kontributor : Sri Ummiyati
#IJF #SDJuarajogja #Februari #Yogyakarta