Yogykarta. 6 Agustus 2020 Pembelajaran matematika di SD Juara menggunakan metode my Fun Math yang pada tahapan dasar sangat menuntut siswa untuk berfikir realistis sehingga media belajar sangat di butuhkan. Siswa harus menyentuh benda riil agar pembelajaran dapat diterima dengan baik.

Media ini sebagai sarana menghantarkan pemahaman siswa agar siswa memiliki persepsi yang sama dalam pehitungan. Termasuk pada pembelajaran kali ini, siswa akan belajar pengenalan perkalian dasar melalui dua soal cerita yang sangat sederhana. Media yang digunakan pun berupa perabotan rumah tangga yang mudah didapat di dalam rumah.

Salah satu soal yang diajukan oleh bu Ery sebagai berikut “ibu memiliki tiga piring, masing-masing piring berisi empat sendok makan, berapa seluruh sendok ibu ?”

Dalam hal ini piring merupakan gambaran sebagai kelompok dan diisi sendok, siswa diminta menghitung seluruh sendok atau jumlah sendok, kalimat matematikanya adalah 3 x 4 = 12.

Dengan pembelajaran praktek ini ternyata siswa sangat antusis sehingga matematika yang tadinya secara umum dianggap sulit malah justru mengasikkan untuk siswa. Pembelajaran ini bertujuan agar siswa dapat langsung mempraktekkan penggunaan matematika dalam kehidupan sehari –hari. Sehingga  matematika sebagai pelajaran terapan dibutuhkan dalam kehidupan serta sangat mengasyikkan dan bukan menjadi pelajaran yang menakutkan.

Kontributor: Ery Sulistyawati,S.Pd
#IJF #Yogyakarta #SDJuarajogja #Agustus #BDR