Yogyakarta. Membatik ternyata tidak hanya menggunakan kain tetapi bisa menggunakan berbagai macam media. Salah satunya adalah kertas kado. Pada kegiatan ekstrakurikuler menggambar disiang hari ini siswa diajak untuk membatik menggunakan media kertas kado(21/2/20).

Kak Alfi selaku pemandu ekstrakurikuler menggambar, memberikan kebebasan kepada anak –anak dalam menggambar motif yang akan digambar dikertas kado. Motif dibebaskan agar anak –anak mempunyai ruang dalam berimajinasi. Setelah Kak Alfi menerangkan cara membatik menggunakan media kertas, anak – anak kemudian terlihat sibuk dengan tugasnya. Mereka menggambar berbagai bentuk sesuai imajinasi masing-masing dikertas kado yang telah mereka bawa. Gambar atau tulisan yang dibuat dikertas kado kemudian mereka gunting sesuai pola dan ditempel dikertas gambar yang putih.

Anak-anak tampak serius dan menikmati kegiatan ini. Sesekali Kak Alfi membantu dan mengarahkan anak – anak dalam menuangkan imajinasi mereka kedalam gambar. Hasilnya sungguh luar biasa. Masing masing anak berkreasi dan menuangkan ide hebat mereka kedalam kertas kado. Ada yang menggambar huruf hijaiyah, kaligrafi, bunga dan ada pula yang menggambar tulisan nama mereka sendiri.

“ Asyiknya bisa menggambar dan berkreasi pakai kertas kado ini, hasilnya bagus lho kak” tutur mofi yang telah selesai menggambar.

Alhamdulillah, kegiatan yang di laksanakan di ruang kelas enam ini berjalan dengan lancar dan semoga dengan semakin banyak berkreasi sesuai imajinasi anak akan mendorong mereka untuk lebih banyak lagi berkreasi menciptakan seni yang indah.
Kontributor: Sri Ummiyati
#IJF #SDJuarajogja #Februari #Yogyakarta