Yogyakarta, siswa kelas dua SD Juara belajar memasak sendiri untuk melatih kemandirian mereka (9/20). Sebuah pepatah mengatakan “laisal Fata man yaqulu kana abi, lakinnal Fata man yaqulu ha ana dzaki” (Tidak dianggap pemuda jika mengatakan kepada orang lain inilah bapak saya, tetapi dianggap pemuda jika dia mengatakan inilah saya) “.

Berbagai macam menu pilihan mereka pilih sesuai dengan keinginan masing-masing anak. Ada yang memasak telur, pop corn dan lain-lain. Mereka sangat enjoy dan merasa senang karena bisa membantu orang tua.

“Senang sekali pak, hobby ku kan memasak jadi seneng kalau tugasnya masak” kata mas arayya. Ada juga siswa yang merasa takut ketika menggoreng karena khawatir terkena minyak goreng. “waktu goreng agak takut karena kecipratan minyak” Kata azka. Namun, meskipun takut terkena minyak goreng panas, siswa tetap semangat dan mencoba menggoreng.

Dengan adanya pembelajaran seperti ini tak hanya kemandirian yang mereka dapatkan. Namun siswa juga akan mengetahui bagaimana cara memasak yang baik dan benar, siswa akan tahu perjuangan seorang ibu di dapur yang telah menyajikan berbagai menu masakan sehingga semakin bertambah rasa syukur mereka. Serta yang tak kalah pentingnya kepekaan mereka akan semakin terasah untuk membantu meringankan pekerjaan orang tua di rumah.

Kontributor: Ali Hafidh
#ayogyakarta #SDJuarajogja #IJF #BDR #September