Yogyakarta, 17 Juli  2019. Ada yang spesial untuk setiap kelas di pekan pertama siswa masuk yaitu setiap kelas baik siswa maupun walas diamanahi untuk melaksanakan market day oleh waka kesiswaan dan kurikulum. Market Day ini salah satu bentuk pembelajaran wirausaha dagang yang digulirkan oleh SD Juara dimana para siswa secara terjadwal di semua jenjang kelas membawa hasil olahan makanan ringan di rumah untuk di jajakan atau dijual kepada siswa-siswa lainnya, tentunya dengan harga yang bersahabat. Pada hari selasa dan rabu kelas enam dan kelas lima diberi wewenang untuk melaksankan market day. Pembiasaan-pembiasan pagi tetap siswa ikuti sebelum menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk market day pada jam istirahat.

Selasar sekolah menjadi lahan bagi para siswa kelas enam dan kelas lima untuk membuka lapak mereka. Proses transaksi jual beli pun dilakukan secara individu serta berkelompok dan tiap siswa dibebaskan menu dagangan yang akan dijual asalkan halal dan thoyib. Beberapa menu makanan tersaji seperti nasi kuning, es jus, roti bakar, susu kedelai, cilok, bakso tusuk, dan masih banyak lagi. Menu-menu makanan ini siswa bawa dari rumah. Bahkan demi melaksanakan kegiatan market day ini ada siswi yang rela bangun jam dua pagi untuk menyiapkan barang daganganya. siswa yang berjualan maupun yang membeli pun nampak terlihat sangat senang.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat melatih mental bisnis siswa sejak dini dan dengan adanya market day ini pula siswa tak hanya mendapatkan ilmu sehat saja namun juga belajar menjadi mental seorang entrepreneur sejati”, tutur bu khotim, guru kelas enam.

Kontributor: Siti Khotimatul Mahmudah

#IJF #Yogyakarta #Juli #SDJuarajogja