Malam Bina Iman Taqwa atau yang biasa disingkat Mabit dan Outbond adalah program rutin yang dilaksanakan di SD Juara Yogyakarta. Hari Jumat-Sabtu, tanggal 20 dan 21 Desember 2019 siswa Kelas 3 berkesempatan mengikuti kegiatan Malam Bina Iman Taqwa ( Mabit ) dan Outbond Family Ghatering bertempat di SD Juara Yogyakarta dan Taman Glugut Bantul.

Mabit dilaksanakan di SD Juara Yogyakarta dan dibuka langsung oleh Ibu Lilik Siswati, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah dengan didampingi wali kelas 3 Ibu Ery Sulistyawati, S.Pd. Malam harinya siswa khusu’ mengikuti materi dengan tema Sex Education For Child. Materi ini disampaikan oleh Ibu Catur Palupi, S.Pd dan Bapak Boy Haryono, S.Pd. Siswa diberikan pengetahuan tentang aurat lelaki dan perempuan yang harus dijaga. Siswa juga diajak untuk membatasi penggunaan gadget agar tidak terpapar pornografi. Dalam rangkaian mabit ini, siswa diajak untuk murojaah hafalan dan juga shalat tahajud.

Esok paginya siswa diajak ke Taman Glugut Bantul untuk mengikuti Family Ghatering dan Outbond. Bapal Ivan selaku Ketua Komite Kelas 3 menjelaskan bahwa tujuan acara ini adalah untuk menjalin kedekatan, kasih sayang dan mempererat bonding antara orang tua dan siswa. Selain itu acara ini ditujukan juga untuk menjalin keeratan persaudaraan keluarga besar kelas 3. Outbond kali ini dipimpin oleh Ibu Zulkhanah, satu seorang wali siswa yang berprofesi sebagai guru TK. Permainan dalam Outbond ini terdiri dari empat permainan yaitu mengurutkan angka, estafet hulahop, kapal karam dan estafet air. Setiap permainan menuntut konsentrasi dan kerjasama dari masing masing peserta. Anak- anak dan orang tua tampak gembira mengikuti acara outbond ini. Semua larut dalam suasana santai dibalut kebersamaan yang luar biasa.

Setelah outbond selesai siswa berkesempatan untuk naik perahu bersama-sama. Ada yang terlihat takut, ada yang berani, namun semua tampak menikmati laju perahu diatas sungai. Sesekali tangan kecil mereka menyentuh gelombang kecil air sungai. Aura kebahagiaan semakin terpancar diwajah anak-anak.

“ Aku takut e bu….tapi asyik bisa naik kapal…seru…” tutur Asha yang tampak sedikit takut naik kapal.
“ Bagus ya bu pemandangan disini….aku senang bisa outbond dan main disini” Ujar Amir menimpali.

Semoga dengan adanya Mabit dan Family Ghatering ini akan terwujud Sinergi pendidikan disekolah dan dirumah. Kelak akan tampil orang-orang hebat dari siswa kelas 3 SD Juara Yogyakarta. Aamiin
Kontributor: Sri Ummiyati
#IJF #SDJuarajogja #Desember #Yogyakarta