Yogyakarta (12/11/19) Pagi ini Siswa kelas 4 SD Juara Yogyakarta melaksanakan pembiasaan pagi yang kemudian dilanjutkan bersiap-siap mengikuti pembelajaran selanjutnya. Kabarnya pagi ini mereka sedang gaduh setelah diminta membaca wacana tentang “Dayu Tidak Mau Sekolah”. Setelah berdiskusi mereka merefleksikan dengan kondisi kelas 4 saat ini. Kelas 4 bulan ini masuk tema Berbagai pekerjaan subtema pekerjaan disekitarku. Dalam pembelajaran tematik ini ada ulasan tentang pak made yang sebagai pelukis dari Bali. Dan dilanjutkan wacana Dayu siswa dari pindahan dari bali yang takut diejek temanya.

Setelah merefleksikan dengan kondisi kelas 4 minggu ini untuk menghargai temannya.
Siswa membuat poster “Kesepakatan kelas 4” secara berkelompok. Dimana isinya adalah komitmen masing- masing kelompok.

Sebelum pembuatan poster dimulai Bu Ranti sebagai wali kelas 4 memberikan arahan, apa saja komitmen masing-masing kelompok. Agar kelas 4 lebih kompak, hangat kebersamaanya dan tidak ada yang saling mengejek.. Akhlak menjaga mulutnya.
Proses pembelajaran menjadi lebih mengena karena mereka sendiri yang memilih apa saja komitemen mereka untuk membangun kelas 4 sesuai sila ke 2 pancasila yang swdang dipelajari. Selain itu menumbuhkan akhlak untuk menjaga perasaan teman, bermusyawarah dan kerja sama, Siswa senang guru pun juga turut ikut senang. “terimakasih SD Juara kami senang hari ini pembelajaraanya seru karena bisa mewarnai dan bekerja sama membuat kesepakatan”, ujar Nayif siswa putra usai membuat layang-layang.
Kontributor: Suranti, S. Pd
#IJF #Yogyakarta #Sdjuarajogja #November