Yogyakarta, Senin 15 Juli 2019. Hari ini merupakan hari pertama masuk ke sekolah. Nampak wajah-wajah ceria dan penuh semangat menaiki tangga menuju ke halaman sekolah. Tak terkecuali siswa kelas satu. Siswa kelas satu adalah siswa yang baru masuk di tahun ajaran 2019/2020 di SD Juara Yogyakarta. Pagi ini para siswa baru disambut langsung oleh kepala sekolah SD Juara beserta guru piket hari senin.
Para siswa kelas satu nampak terlihat langsung akrab dengan kakak kelas mereka. Mereka saling berkenalan dan berbicara satu sama lain, dan tampak pula tak ada satu orang tua pun yang menungui para siswa kelas satu ini. Pertanda bahwa siswa ditahun ajaran baru ini merupakan anak-anak yang telah mandiri.
Karena hari ini adalah hari pertama bagi paraa siswa kelas satu maka pak ali sebagai wali kelas mengkoordinir para siswa untuk masuk kekelasnya dan menentukan tempat duduk serta berdoa dan berkenalan dengan wali kelas mereka. Kemudian pak Ali mengajak siswa untuk mengikuti apel pagi di halaman sekolah. di akhir apel pagi, siswa kelas satu diminta maju satu persatu oleh waka kesiswaan dan kurikulum. Satu persatu siswapun telah maju di tengah lapangan. Sambil tersipu malu para siswa memperkenalkan diri mereka.
Usai apel pagi, siswa di minta kemasjid untuk mengikuti kegiatan membaca asmaul husna dan sholat dhuha bersama-sama dengan kelas lainnya. Setelah shalat dhuha, siswa masuk kelas dan dibagi menjadi 6 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 sampai 4 siswa dan sebelum dimulai kegiatan mewarnai bersama kelompok, siswa bermain dengan wali kelasnya yaitu mengenal satu persatu teman yang ada di samping kanan dan kiri. Siswa nampak sangat senang ketika berkenalan dengan teman satu kelasnya. Kemudian mereka mulai mewarnai satu kertas untuk satu kelompok dengan tujuan untuk memgetahui kekompokan dan komunikasi antar satu teman dengan yg lainnya. Kemudian diumumkan pemenangnya, dan pemenangnya jatuh pada kelompok 1 putra. “yeyyy kelompok kami menang, terimaksih pak ali dan bu catur”, ucap siswa putra kelompok satu bersamaan saat di pangil kelompoknya untuk maju ke depan kelas. Setelah pembagian hadiah tepatnya pukul 10.00 wib para siswa di ajak ke aula untuk mengikuti dongeng bersama kelas lainnya yang diisi oleh kak ari prabowo.
Kontributor: ali hafidh
#IJF #Yogyakarta #Juli #SDJuarajogja