Yogyakarta, 16 Juli 2019. Hari ini adalah hari kedua bagi siswa kelas satu masuk sekolah. Agenda pada pagi ini di mulai pukul 7.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Diawali dengan melantunkan asmaul Husna bersama-sama, kemudian dilanjutkan dengan sholat dhuha berjamaah didalam masjid bersama siswa kelas lainnya. Usai shalat dhuha, siswa kelas satu masuk ke ruang kelas mereka untuk mengikuti serangkaian kegiatan MPLS/Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.
Kegiatan MPLS dimulai dengan berdoa, yang dipandu oleh wali kelas satu yaitu bapak Ali hafidh. Pada pukul 08.00 MPLS pun dimulai, dipandu oleh waka kesiswaan dan kurikulum ibu catur palupi dan di dampingi wali kelas satu serta guru PAI. Adapun kegiatan yang dilakukan pertama kali adalah seni rupa dengan teknik menempel yaitu siswa menempel potongan kertas yang telah dipotong-potong dengan berbagai bentuk. Ada potongan kertas segi empat, segi tiga, bulat, lonjong dan lain sebagainya. Kemudian siswa diminta untuk melengkapi potongan gambar dengan menggunakan spidol kecil.
Dari berbagai bentuk potongan-potongan kertas tersebut jadilah berbagai rupa gambar. Ada gambar rumah, ada gambar orang, badut dan masih banyak lagi gambar. Para siswa ini nampak sangat kreatif dalam membuat gambar. Setelah mengambar siswa diajarkan mengenal seni rupa degan teknik benang yaitu siswa memasukan benang wol kedalam cat warna warni kemudian di letakkan di dalam lipatan kertas dengan banyaak bentuk seperti bulat, kupu-kupu, ataupun bentuk lainnya, setelah itu benang wol ditarik sekuat-kuatnya dan jadilah gambar. Teknik dengan benang ini sangat disukai siswa karena sangat mudah untuk dilakukan.
Para siswa tak hanya mengikuti seni rupa teknik menempel dan benang saja namun mereka juga mengenal seni rupa dengan teknik meyebul. Teknik menyebul juga sangat mudah, siswa menuangkan cat air diatas kertas lalu kemudian meniup cat air tersebut hingga membentuk suatu gambar. Diakhir kegiatan, siswa diminta untuk membuat berbagai macam bentuk dengan menggunakan kertas origami.
‘Saya senang sekolah di SD juara karena asyik bermain dan gurunya asyik” tutur mas husain salah satu siswa baru di SD Juara Yogyakarta.
Kontributor: Ali Hafidh
#IJF #Yogyakarta #Juli #SDJuarajogja