ENAKNYA ES KRIM PUTER BUATANKU

Kegiatan Keputrian adalah kegiatan mentoring siswa kelas atas yang rutin diadakan setiap pekan sekali. Untuk siswa kelas 5 putri keputrian dilaksanakan setiap Hari Jumat pukul 11:30 – 12:30 WIB. Selain materi keagamaan kegiatan ini juga menyampaikan materi yang telah disusun kurikulumnya oleh sekolah.
Hari Jumat, 15 November 2019 siswa putri kelas 5 nampak hilir mudik menyampaikan berbagai peralatan seperti baskom,kaleng bekas bersih, gelas, sendok, pemukul es batu dan juga bahan seperti es batu, garam, susu sachet dan lain sebagainya. Keputrian kali ini siswa diajak untuk bereksperimen membuat es krim sendiri dengan alat sederhana. Sebelum praktek membuat es krim kegiatan keputrian dibuka dengan berdoa dipimpin oleh salah seorang siswa dan juga murojaah beberapa surat pendek.
Selesai murojaah surat pendek, siswa dibagi menjadi 3 kelompok kecil dan bekerjasama menyiapkan bahan dan alat pembuatan es krim. Dalam permulaannya es batu dipukul hingga menjadi butiran yang lebih kecil dan dimasukkan didalam mangkok besar ( baskom). Susu sachet yang sudah disiapkan dicairkan menggunakan gelas dan hasilnya dimasukkan ke kaleng yang bersih. Kemudian kaleng berisi susu tersebut ditutup dan dimasukkan ke dalam es batu di baskom. Kaleng diputar searah jarum jam selama kurang lebih 15-20 menit. Siswa sangat bersemangat saat memutar kaleng berisi susu cair. Setelah beberapa menit berjalan mereka penasaran dan membuka kalengnya, mereka takjub ketika melihat cairan susu sudah mulai membentuk seperti es krim. Mereka terus bersemangat memutar dan yang membuat mereka gembira akhirnya mereka berhasil membuat es krim puter manual. Es krim yang sudah dijadikan mereka sajikan dalam gelas kecil dan diberi topping sesuai kesukaan mereka.
“ Asyik ini bu…kita bisa buat es krim sendiri” ujar Imah bersemangat
“ Nah klo keputrian kayak gini terus manteeep bu, walaupun capek muter kaleng tapi hasilnya enak” ujar Nafis sembari mengacungkan dua jempol.
Alhamdulillah senang rasanya melihat semua siswa bergembira menikmati es krim buatan sendiri…semoga kelak mereka bisa berinovasi membuat produk produk ala mereka sendiri.Aamiin
Kontributor : Sri Ummiyati
#IJF #SDJuarajogja #November #Yogyakarta