Banyak sekali pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa disekolah dan semakin menarik apabila siswa belajar dengan melakukan sendiri atau praktek secara langsung terlebih menggunakan media dari alam. Seperti hari Kamis, 14 November 2019 dimana Siswa Kelas 3 Sekolah Juara Yogyakarta belajar mempraktekkan cara membuat cincau.
Pagi ini bersama dengan wali kelas Ibu Ery Sulistyawati, S.Pd mereka mempelajari perubahan wujud benda dengan menggunakan daun cincau yang diremas bersama air yang akan berubah menjadi jeli dengan wujud yang berbeda. Ibu Ery menjelaskan terlebih dahulu cara pembuatan cincau dan siswa menyebutkan bahan dan alat yang digunakan. Setelah itu Ibu Ery membagikan bahan utama pembuatan cincau yakni daun cincau. Anak-anak juga telah membawa peralatan dari rumah seperti gelas, mangkuk, saringan dan sebotol air minum. Siswa berkelompok dan secara mandiri memeras daun cincau hingga air mengental .Setelah selesai membuat cincau siswa diberi tugas menuliskan cara membuat cincau dan belajar menceritakan kembali dengan bahasa tulisan.Siswa saling menjaga hasil karyanya sebagai wujud rasa menghargai hasil karya orang lain, kepribadian unggul yang perlu dikedepankan sebagai bekal dimasa depan sebagai penerus bangsa.
Alhamdulillah seluruh siswa sangat senang dengan adanya kegiatan ini, mereka bisa belajar sambil bermain dan yang tak kalah pentingnya, melalui hubungan sosial mereka menjadi lebih erat dan saling memahami karakter temannya, dengan saling meminjam peralatan yang mereka bawa, saling membantu antar teman.
“Belajar hari ini seperti bermain” kata Faza salah satu siswa klas 3 SD juara
Kontributor : Ery Sulistyawati, S.Pd
#IJF #SDJuarajogja #November #Yogyakarta