Yogyakarta, 14 November 2019 peran ayah sangatlah stratengis dan penting dalam keluarga. Tidak hanya memiliki fungsi sebagai pemenuh finansial keluarga, serta seluruh masa keduniawian. Peran seorang ayah bagi keluarganya tidak berhenti sampai disitu, namun sampai membimbing keluarganya menuju jannah. “(yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;” (QS. Ar ar’d: 23). Selama proses mengumpulkan berkal menuju surganya allah SWT, ia harus bisa mengelola dan meningkatkan kapasitas dirinya serta membina keluarga yang di miliki.
Dalam rangka hari ayah internasional yang jatuh pada 7 November 2019 SD Juara Yogyakarta mengadakan parenting school spesial Hari Ayah dengan tema “ Bersama Ayah membimbing keluarga menuju Jannah “ dengan pemateri Ust. Umar Hidayat, S.Ag, M.Ag . Parenting School ini merupakan forum peningkatan kesadaran peran ayah dalam memanagemen kehidupan berumah tangga. Para ayah juara sangat antusias dengan diadakannya kajian khusus hari ayah. Dilaksanakan pula pemilihan ayah teladan bagi para ayah yang aktif membina dan memberikan contoh perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari dalam membina serta mendampingi anak.
Terdapat 10 hal yang membuat ayah mampu mengantarkan keluarganya ke dalam surga, sebagai berikut:
1. Kesadaran eksistensial, menikah dan berharap mendapatkan suami ideal adalah kemustahilan. Akan tetapi penerimaan sesama pasangan yang membuat ia akan lebih kuat menjalani gelombang kehidupan.
2. Itqonun Nar, takut kepada api neraka sebagai visi dan misi utama dalam berkeluarga. Berusaha membuat keluarga terus terjaga agar tidak mendekat ke arah api neraka.
3. Jadilah ayah yang sholih, tugas seorang ayah tidak hanya memberi ma’isyah atau nafkah bagi istri dan anaknya. Tanggung jawab yang dimiliki mencakup memgisi ruang batin dan jiwanya agar mereka sanggup menatap masadepan dan berkumpul di surga kelak.
4. Ketauladanan, anak-anak adalah cerminan dari diri kita hari ini, Anak-anak itu peniru ulung, segala yang dilakukannya adalah hasil meniru perilaku orang terdekat (terutama Orangtuanya).
5. Disiplin Positif (Internal Locus Control), Anak akan berperilaku baik, apabila dia merasa baik. Oleh karena itu, tidak ada hukuman fisik atau psikis dan tidak ada pemberian hadiah yang berlebihan dalam disiplin positif.
6. Hubungan dan komunikasi yang baik, munculkan kehangatan ketika berinteraksi dengan anak. Sehinggamereka akan terbuka dengan orang tua.
7. Jangan suka marah, Anak yang tertutup dan tiduk mudah percaya pada orang tua nya biasanya disebabkan karena tempramen dari orang tua yang mudah marah atau meledak-ledak.
8. Siap bermain dengan anak, siapkan diri menjadi pendamping anak. Jika anak anda sengaja mengganggu terus menerus itu karena anda jarang mengajaknya bermain. Dia sedang butuh perhatian.
9. Pastikan harta yang halal, asupan yang didapatkan keluarga akan mempengaruhi kualitas ibadah dan amalan-amalan mereka.
10. Pastikan do’a orang tua, selalu memberikan do’a yang terbaik bagi anak-anak. Agar mendapat ridha allah berkumpul di surganya kelak.

Kontributor : Boy Haryono,
#IJF #SDJuarajogja #November #Yogyakarta