Yogyakarta ( 25/10/2019) Hari Rabu tanggal 25 Oktober 2019 siswa kelas 2 SD Juara Yogyakarta mengadakan market day atau pasar sekolah.Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung serta memahamkan berbagai bentuk tugas sehari – hari disekolah,mengenal mata uang, enterpreneur,pembukuan serta perbedaan karakteristik individu dari makanan kesukaannya.
Pembelajaraan dimulai dengan menata dan mencatat nama, harga modal, harga jual jajanan yang akan dijual. Hal ini menjadi tugas kasir yang telah dipilih disetiap kelompok dan pastinya dengan bimbingan Bu Resty Susanty. Setelah selesai mendata barang dagangannya setiap kelompok dipersilahkan menawarkan makanan yang dijualnya kepada pembeli yang terdiri dari semua siswa SD Juara dari kelas lain pada jam istirahat.Makanan yang dijual antara lain cilok rebus, sate buah, agar – agar, martabak mie, roti bakar, salad buah, sosis bakar, es jeruk, makaroni telur, dari kacang hijau dan lai – lain. Seluruh siswa kelas 2 dengan antusiasnya menawarkan dagangan dan berusaha untuk menjual dagangannya hingga habis tak bersisa. Ada yang langsung habis terjual dalam hitungan menit. Ada juga yang hingga akhir waktu istirahat dagangannya hanya terjual beberapa buah saja, bahkan ada yang sengaja tidak dijual. Saat ditanya Bu Resty “kenapa tidak dijual mas?”. Jawab mas Ikhsan “gak papa bu, mau aku bagikan keteman-teman kelas 2 untuk sedekah”. Subhanallah…mulia sekali.
Setelah jam istirahat selesai seluruh siswa kelas 2 berkumpul sesuai kelompok masing – masing dan menghitung dari hasil penjualannya. Dari hasil penjualan tersebut dibagilah modal awal pada masing-masing penjual, setelah semua dapat baru dibagilah seluruh keuntungan.Melalui pembelajaraan market day atau pasar sekolah ini, diharapkan siswa lebih memahami tentang jual beli, karakteristik setiap individu, susah dan senangnya bekerja, hingga pentingnya pembukuan dalam bertransaksi. “Dengan marketday saya merasa senang dan gembira karena dapat keuntungan dari hasil jualan”. Ujar Nasywa dan Kiyya dengan polosnya.
Kontributor: Resty Susanty
#IJF #SDJuarajogja #Oktober #Yogyakarta