Yogyakarta. Siswa kelas 6 SD Juara Yogyakarta dibawah bimbingan Ibu Susi Saraswati selaku guru batik hari ini menyelami lebih jauh cara membuat batik shibori atau sering disebut batik celup Jepang(20/1/20).  Proses pembuatan batik ini lebih mudah dan alat-alat yang digunakan juga mudah didapatkan. Siswa kelas 6 terlebih dahulu menyiapkan alat –alat dan bahan seperti kain primis, penjepit , karet, baskom, air, sendok, serta pewarna kain. Proses pembuatan dimulai dari kain yang dilipat dan dijepit bentuk segitiga. Siswa kemudian menuangkan pewarna kain jenis remasol dan water glasses ke baskom yang sudah diberi air.

Selanjutanya mereka secara bergiliran mencelupkan kain yang terikat tadi ke dalam larutan pewarna dengan hati-hati dan memastikan sampai meresap ke kainnya. Selanjutnya, kain ditiriskan dan diamkan beberapa menit, lalu lepaskan karet yang terikat di kain. Angkat dan bentangkan kain dengan 2 orang, lalu bilas kain dengan air bersih. Jemur kain di bawah terik sinar matahari, pastikan sampai mengering.

Alhamdulillah hasil karya siswa kelas 6 ternyata begitu luar biasa. Deretan kain cantik bermotif dihasilkan melalui tangan –tangan cekatan mereka. Semoga ke depan dapat tercipta produk –produk baru dari hasil mereka sendiri.

Kontributor :  Sri Ummiyati dan Susi Saraswati
#IJF #SDJuarajogja #Januari #Yogyakarta