Yogyakarta(19/11/2019). Siang yang terik tampak siswa kelas 4 tengah sibuk dilapangan dekat dengan kran air. Mereka berbaris sesuai dengan kelompok masing -masing. Hari ini Ibu Suranti sedang menjelaskan tentang hak dan kewajinan dirumah pada tema PEKERJAAN. Agar pembelajaran lebih terserap oleh siswa maka hari ini diadakan praktek mencuci pakaian dalam. Siswa memperhatikan langkah-langkah mencuci pakaian dalam semisal ada najis yang menempel. Hal ini sekaligus menyiapkan mereka sebelum baligh dan kewajiban mereka terhadap barang milik pribadi.

Lebih lanjut Ibu Suranti menjelaskan bahwa mencuci menggunakan mesin cuci memang praktis dan hemat waktu, terutama pada zaman yang serba cepat. Namun, itu bukan berarti kita bisa mengesampingkan proses perawatan pakaian, terutama yang memerlukan perlakuan khusus. Beberapa kondisi yang mengharuskan kita mencuci baju dengan tangan antara lain adalah: pakaian terbuat dari bahan halus seperti sutra, brukat ,bahan dari wol atau jenis serat yang mudah mengerut,mengatasi pakaian luntur dan mengatasi noda membandel.

Para siswa kemudian mempraktekkan cara mencuci pakaian dalam sesuai petunjuk yang telah dijelaskan.Langkah pertama ember cuci diisi dengan air. Kedua ditambahkan detergen berkualitas pilihan ke dalam air sesuai takaran yang dianjurkan di kemasan detergen. Aduk-aduk dengan tangan hingga detergen terlarut sempurna di dalam air.
Ketiga masukkan baju satu per satu hingga terendam seluruhnya di bawah permukaan air. Masukkan baju yang ternoda terlebih dulu untuk direndam selama kurang lebih 30 menit. Langkah ini penting untuk mempermudah cara cuci baju dengan tangan selanjutnya, yaitu agar tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menguceknya.

Setelah direndam beberapa menit selanjutnya langkah keempat kucek lembut cucian dalam air larutan detergen agar noda terangkat. Hindari mengucek cucian terlalu kuat atau menarik baju ketika menguceknya.Kelima menggunakan sikat cucian yang lembut untuk membersihkan jenis-jenis atau bagian-bagian pakaian yang tidak bisa dikucek, semisal kerah baju kaku dan bra.Keenam memeras cucian dengan meremas-remasnya. Memelintir cucian ketika memeras sebaiknya dihindari pada jenis pakaian apa pun dan berbahan apa pun. Buang air bekas cucian dan isi kembali ember dengan air bersih untuk membilas cucian. Lakukan beberapa kali hingga air perasan jernih tanpa residu detergen.Ketujuh jika diperlukan softener larutkan softener dan merendam beberapa menit. Selanjutnya siswa belajar untuk menjemur.

Semoga dengan praktek sendiri, siswa semakin mengetahui proses mencuci pakaian dalam
dan siswa semakin paham kewajiban terhadap barang milik pribadi.
Kontributor : Suranti, S.Pd
#IJF #SDJuarajogja #November #Yogyakarta